Rabu, 24 Juni 2015

Tiga Cara Bagaimana Agar Bisa Fokus?


Fokus pada hal-hal yang baik, meskipun tidak sulit namun juga tidak mudah. Manusia mempunyai kecenderungan dasar untuk melihat hal negatif. Oleh karenanya, jika kamu tidak berupaya memperbaiki diri, maka kamu tidak akan bisa melihat kebaikan.

Jika mata tertutupi walaupun selembar daun sirih, maka kamu tidak akan bisa melihat dunia. Harus ada upaya menyingkirkan daun sirih itu.

Sebagai contoh, jika anakmu mendapat nilai 9 dalam setiap mata pelajaran, namun ada satu nilai 6 pada pelajaran SBK, mana yang akan membuat mata kamu terbelalak? Nilai 9 atau nilai 6. Semua nilai 9 menjadi blur, dan satu nilai 6 menjadi fokus.

Jika kamu mempunyai uang satu juta, dan karena suatu hal maka yang lima puluh ribu terselip entah dimana, maka yang 950 ribu akan blur, gak terlalu nampak, yang lima puluh ribu menari di kelopak mata.

Maka kamu harus berlatih bagaimana agar selalu fokus kepada hal positif yang kamu punyai, dan kamu alami.

#1. Pilih kata-kata positif dalam setiap ucapanmu.

Kata positif akan memberikan perasaan semangat. Misalnya kalimat anak saya tidak bisa matematika, ganti menjadi anak saya bisa hanya kurang latihan saja. Maka seketika fokusmu menjadi bahwa anak kamu bisa, hanya kurang berlatih.

Misalnya kamu sakit, badan kamu capek, lalu kamu mengatakan saya sakit, berbeda dengan ketika kamu mengatakan, saya hanya butuh istirahat. Pernyataan kedua fokus pada kata sehat, hanya saja butuh istirahat.

#2. Alihkan setiap hal yang mengarah pada pembentukan jiwa negatif ke arah yang positif.

Jika kawanmu tiba-tiba membicarakan tentang persoalan negatif dan tak berguna, maka kamu bisa mengalihkan pembicaraan ke topik lain, atau meninggalkannya.

Jika tiba-tiba kamu melihat TV dengan konten pesimis, maka kamu harus segera memindahnya ke channel yang positif.

#3.  Telan Hanya Informasi Positif

Kamu bisa mendapatkan banyak informasi positif dimanapun. Dulu ketika di kota saya bisa mendatangi banyak kajian, seminar dan diskusi. Namun ketika pindah di desa, maka buku dan internet bisa menjadi tools untuk mendapatkan informasi positif. Banyak asal mau mencari ...

Jika kamu selalu dan selalu mengisi pikiranmu dengan bacaan dan tayangan positif, maka secara perlahan mindsetmu akan berubah. Mengalir ke suasana hidup yang positif.

Demikian tiga hal yang bisa kamu terapkan dalam hidupmu agar kamu selalu fokus ke hal positif. Kamu perlu selalu melatihnya agar hidup kamu bahagia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)