Minggu, 24 Agustus 2014

Migrasi ke Blogger / Blogspot

Hari ini, Minggu 24 Agustus, Alhamdulillah, saya telah selesai memigrasikan blog saya yang saya hosting sendiri dengan mesin Wordpress ke dalam Blogger / Blogspot.

Sebenarnya saya sangat bete banget dengan nama layanan blogger ini. Kita mendaftar dengan alamat blogger.com , namun alamat situs kita jadi dot blogspot dot com. Dalam setiap penulisan kadang membingungkan.

Saya adalah pemula dalam blogspot ini. Saya tak pernah membuat / memporting sebuah templatepun ke mesin blogspot. Selama ini pengalaman saya hanya mengganti dan memasang theme saja, tak lebih dari itu.

Pengalaman saya memporting blog dari wordpress ke blogspot juga cukup menantang. Banyak hal yang dalam pelaksanaannya jauh lebih sulit dibanding teorinya. Banyak pengalaman baru dan kejutan-kejutan yang saya dapatkan. Dua hari bukan waktu singkat untuk mempelajari sekedar membuat atau lebih tepatnya memporting template.

Saya memang mempunyai ilmu CSS dan HTML yang cukup mumpuni, namun di blogspot bekal  ini saja tidak cukup. Blogspot mempunyai cara sendiri untuk mengambil variabel konten dan mempunyai idiom2 sendiri. Tentu ini tantangan tersendiri, dan hasilnya membuat saya cukup puas. Blog tidak tampak blogspot bukan ?

Saya tetap bertekat memigrasi blog saya ini dengan alasan :

  1. Saya tidak perlu memaintenance blog, semua hal dari masalah keamanan sampai webhosting sudah ada yang menangani secara professional dan GRATIS.
  2. Saya bisa melakukan perubahan template, yang tak saya dapatkan ketika saya menghost blog saya di wordpress dot com versi gratis.
  3. Memungkinkan mengganti nama situs dengan nama yang lebih professional jika diinginkan tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan.
Setelah ini pekerjaan saya menjadi lebih mudah. Hanya menulis blog saja. Kedua mungkin nanti bisa saja saya akan mendevelop theme lain untuk penyegaran.

Anda ingin membuat situs berbasis blogspot secara profesional ? Hubungi saya, namun jangan dalam dua minggu ini ya ? Saya masih banyak kesibukan hehehe....

Salam ....

2 komentar:

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)