Minggu, 13 Juli 2014

Pengin Bermain Elektronika Lagi

Dulu sewaktu SMA saya sangat menyukai elektronika. Menurut saya elektronika adalah ilmu ajaib yang bisa memberikan banyak kemudahan dalam kehidupan sehari-hari.

Alat-alat rumah tangga sekarang adalah produk elektronika, dan dengan peralatan itu anda bisa menanak nasi asal bisa membersihkan beras, anda bisa mencuci baju tanpa basah oleh air.

Dalam elektronika prinsipnya adalah bagaimana mengatur listrik arus lemah dengan melewatkan transistor, dioda, resistor, kapasitor, opamp sehingga bisa melakukan beberapa pekerjaan, seperti sistem saklar, mengubah arus dan tegangan, dan sebagainya.

Dengan menguasai elektronika kita bisa memperbaiki kerusakan alat-alat yang kita gunakan sehari-hari, juga membuat peralatan yang membantu kerja kita.

Contoh, ketika di tempat saya listrik ser ing padam maka saya bisa menggunakan accu untuk membuat backup daya ke jala-jala listrik rumah, tanpa disibukkan oleh menghidupkan genset. 

Kita bisa membuat power bank sebagai sumber daya ketika listrik padam dengan menghubungkannya dengan lampu LED, atau membuat lampu recharge dengan menggunakan baterai HP dan bekas selai. Atau kita bisa membuat lampu yang bisa menyala sendiri saat suasana gelap, dan mati sendiri ketika hari sudah terang.

Sekarang, di era internet banyak ide-ide baru, yang diunggah orang-orang kreatif di youtube atau di blog.

Kelemahan saya sekarang saya belum mempunyai multimeter. Mungkin hari ini targetnya akan beli multimeter aja hehe...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)