Kamis, 24 April 2014

Selamat Jalan Pak Probo

Probo Jatmiko. Saya kenal dia ketika dia masih bekerja di Traspac Teknologi Informasi. Saya diperkenalkan teman saya Mas Yuli Prapto, teman saya yang kebetulan bersama-sama mendirikan SkemaPro. Saat itu saya diminta mengerjakan projek kecil software MLM yang akan dia gunakan. Dari perkanalan itu saya tahu bahwa dia adalah alumni Teknik Komputer ITS Angkatan 1991.

Dari situ akhirnya saya dan dia berteman. Meskipun beda angkatan agak jauh (5 tahun) tapi kami menjadi teman akrab. Setiap ada proyek kecil-kecilan, dia mesti menghubungi saya untuk membuatnya. Pernah membuat bursakerjajatim.com ,  dan dia sampai tungguin saya ngoding di kamar kost sampai tidur disitu :).

Suatu saat dia mengatakan kepada saya bahwa dia keluar dari TTI, dia merasa tidak cocok bekerja seperti karyawan. Jam 7 sudah harus dikantor dan pulang sore, rutin tiap hari. Dia mengatakan, saya hanya tawakal, keluar kerja tapi saya belum ada bayangan pekerjaan lain.

Akhirnya dia meneruskan apa yang telah dirintisnya pada waktu bekerja di  TTI : MLM. Nasehatnya pada saya, di MLM itu resepnya kalau gagal harus dicoba lagi, tidak patah arang seperti kamu :). Dia banyak mengelola MLM, selalu inovatif, sehingga kalau pasarnya turun dia sudah punya MLM lain yang dijalankan. 

Puncak kesuksesannya ketika memegang Biofir. Saya berdebat dengan dia apakah menggunakan biofir musrik atau tidak, dan dia menunjukkan reason dan fakta ilmiahnya sehingga saya kalah :). 

Kesuksesannya di biofir mengantarkan dia naik haji dan umroh beberapa kali. Juga jalan-jalan ke luar negri. Pada Hajinya yang terakhir, saya meminta hadiah Al Quran dan didoakan suatu saat saya naik Haji juga. Dan AlQuran itu sekarang masih saya simpan.

Bertemu terakhir dua tahun lalu ketika saya main ke rumahnya yang baru, hasil dari biofir katanya. Rumah yang bagi saya cukup wah, dengan ventilasi dan pencahayaan yang green, hanya butuh listrik untuk penerangan malam hari. Waktu itu dia memotivasi saya agar punya mimpi, sambil menunjukkan mimpi dia yang akhirnya jadi kenyataan. Dia memang motivator yang baik. Dia juga menunjukkan masjid di depan rumahnya yang didesign dengan gaya minimalis, dimana dia berperan di dalamnya. 

Saya masih sering dikontak dia, terutama kalau dia kesulitan dengan skrip PHP, karena kebanyakan situsnya dia kelola sendiri. Terakhir dia minta menangai SEO situsnya, tapi saya tolak karena saya tidak ahli disitu.

Kemarin saya terkejut mendapat informasi ucapan duka cita dari pak Suharjupri, dosen Matematika ITS. Saya yang tak percaya langsung menuju wallnya. Ternyata benar, ucapan dukacita dan doa mengalir. Saya kais informasi tambahannya, dia batuk-batuk dalam sebulan ini, dan kemarin senin masuk RS. Dan Rabu jam 02.00 dinihari, beliau dinyatakan meninggal. Diagnosa dokter dia terkana radang paru-paru.

Banyak hal yang tak terduga dalam hidup ini, dan disitulah makna tawakal.

Selamat jalan Cak Probo Jatmiko .....

#memoar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)