Senin, 20 Januari 2014

Cara Cepat Membaca Buku Non Fiksi

Biasanya satu buku saya selesaikan beberapa hari, kadang lebih seminggu, dan sering saya baca sebagian, tidak sampai selesai.

Membaca buku butuh konsentrasi, waktu yang lebih santai. Biasanya saya memilih waktu malam hari sehabis isya atau sore menjelang maghrib. Pagi sebenarnya waktu paling asik untuk membaca, tapi saya tidak bisa karena saat ini pagi adalah waktu paling sibuk.

Saya paling banyak membaca buku non fiksi. Tema tema yang menjadi minat saya adalah pendidikan, psikologi, motivasi, bisnis, dan teknologi.

Membaca buku seperti itu harus ada tipsnya, karena jika tidak, kita akan menjadi orang yang sering beli buku namun jarang sempat baca.

Saya membaca buku untuk mendapatkankan ide dan inspirasi. Dan karena tidak semua tulisan dalam sebuah buku bergizi semua, maka kita harus mendapatkan tipsnya biar efisien.

Biasanya saya fokus pada kalimat awal dan akhir pada sebuah paragraf. Karena disitulah inti paragraph. Jika sangat menarik saya akan membaca keseluruhan paragraf, jika tidak, inti paragrafnya saja.

Kedua, saya pasti akan menyelesaikan bagian yang berupa contoh, studi kasus, dan pengalaman. Itu bagian paling penting bagi saya.

Itu tips dari saya, anda punya tips lain ?

#tips

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)