Kamis, 27 Oktober 2011

Desain Versi Mobile bagi Pengguna Internet dengan Koneksi Paspasan

Perkembangan teknologi web browser telah membuat situs berjalan lebih interaktif. Namun ada cost yang harus dibayar : aplikasi menjadi lebih berat di jalankan. Tak masalah bagi yang mempunyai koneksi internet pita lebar, namun bagaimana dengan yang koneksi internetnya lambat seperti pengguna GPRS ? Interaktifnya sebuah situs hanya menambah siksaan baginya :)

Untunglah kebanyakan situs-situs besar menyediakan versi mobile. Karena disediakan untuk perangkat mobile, maka tampilannya disederhanakan, artinya ukuran bitesize juga semakin kecil karena mengurangi berbagai aspek desain seperti XHTML, CSS, gambar, dan Javascript.

Di beberapa situs, meskipun kita menggunakan web browser biasa, kita bisa mengakses versi mobilenya. Namun di sebagian yang lain, mereka membaca user agent web browser, dan menampilkan desain sesuai browser yang dia kenali. Misalnya meskipun kita mengetikkan http://m.detik.com dengan Google Chrome, tetap saja dialihkan ke desain untuk web browser komputer.

Beberapa situs yang versi mobilenya bisa kita akses melalui web browser komputer antara lain :

1. Yahoo Mail. Akses http://m.yahoo.com kemudian klik link email di pojok kanan atas.





2. Gmail. Akses ke http://m.gmail.com



3. Facebook. Akses di http://m.facebook.com



4. Twitter. Akses di http://mobile.twitter.com



Untuk situs-situs tertentu yang versi mobilenya tidak bisa diakses melalui komputer browser kita bisa mengakalinya dengan menggunakan browser Firefox dengan menambahkan plugin User Agent RG.



Dengan mengubah ke mode Opera Mini, Opera Mobile, atau Iphone, kita bisa mengakses versi mobile dari web tersebut.

Berikut adalah contoh mengakses http://m.detik.com menggunakan Firefox dengan user agent Opera Mini.



Demikian mudah-mudahan kita bisa tetap tersambung internet walaupun fakir bandwidth :D

2 komentar:

  1. sebagai pemilik toko online , mungkin perlu juga ya menyediakan versi mobile nya agar bisa di akses lewat hp pelangggan.

    BalasHapus

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)