Minggu, 28 Februari 2010

Personal Computer, Teknologi Yang Termakan Zaman

PC Pentium III

Agenda tadi pagi adalah bersih-bersih rumah. Sambil menghidupkan komputer lama seri pentium 3 yang sudah lama tidak dipakai karena jika dihidupkan monitornya berbunyi dor .. dor .. dor .. Saya menghidupkannya kembali karena mendapat hibah monitor lama dari adik saya. Lumayan bisa digunakan anak saya untuk melihat film Finley, karena saya tak punya VCD Player.

Saya merasa, memasang PC sungguh ribet. Ukurannya memakan tempat, kabelnya berseliweran disana sini, dan butuh daya listrik yang cukup besar. Meskipun sering saya katakan komputer ini warisan jaman kuliah dulu, namun sesungguhnya hanya casingnya saja yang benar-benar peninggalan kuliah. Motherboard, Processor, Memori, VGA sudah saya ganti semua dengan barang second juga. Tapi entah kenapa sekarang jika ditancapkan Flash Disk pada komputer ini sering diskonek dengan pesan malfunction. Mungkin ada masalah dengan hardwarenya yang sudah tua ini.

Kelihatannya sekarang komputer bentuk PC seperti ini hanya cocok untuk server saja. Untuk bekerja sehari-hari kelihatannya NoteBook / Laptop akan lebih cocok digunakan. Atau bagi yang pekerjaannya sekedar ngetik, atau menulis kode PHP bagi programmer kelas teri macam Cak Edy, netbook dengan ukuran 10 inchi sudah cukup, toh sekarang harganya sudah semakin turun. Tadi lihat di baligho, di sebuah pameran teknologi harga netbook dari hp ada yang 2,75 juta saja.

4 komentar:

  1. Biasanya tempat colokan flashdisknya kotor, bisa saja karena debu, atau lainnya. Saya 2 bulan lalu beli laptop merk ax..., second dari teman hardisk 60Gb, seharga 2,8 jt. E, ternyata windowsnya bajakan. Apa boleh buat.. Itung2 nolong teman... Mahal memang...

    BalasHapus
  2. Podho cak, komputerku sisa jaman kuliah AMD Duron 850 MHz saiki jadi komputer anakku,nggo ngegame.
    Nek USB ne gak iso nganggo PCI USB wae, tok cer :D

    BalasHapus
  3. @cahndeso matur suwun mas. Kayaknya laptop seken penjenengan sama dengan punya saya. Cuman dulu saya belinya 5 jt :)
    @akhdian Komputer tua, rada repot yen ana kerusakane :) PCI USB iku sing bentuke kaya ngapa ta kang ?

    BalasHapus
  4. kalo buat scripting aja ga butuh spec yg gede.
    Pengennya cpu yg senyap, mungil, hemat listrik...

    Kalo komputer lamaku berisik, pedes di mata

    BalasHapus

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)