Jumat, 06 November 2009

Lirak Lirik Layanan Blog Gratis

Saat ini saya melirik layanan Free Blogging sebagai alternatif mesin blog. Beberapa blog yang saya kelola saya alihkan di layanan Free Blogging seperti Blogspot dan Wordpress. Blogspot untuk blog-blog ringat sedangkan Wordpress untuk blog yang lebih komplek. Menurutku, kelemahan Blogspot yang paling mendasar adalah karena dia hanya menyediakan fasilitas "Post" dan tidak menyediakan fasilitas "Page". Di Wordpress halaman profil dan informasi yang sifatnya statik bisa disimpan di menu "Page". Namun Blogspot mempunyai keunggulan pada aspek kesederhanaan.

Saya melirik Free Blogging sebagai media alternatif karena capek mengelola aplikasi blog sendiri. Bayangkan kalau saya mempunyai 10 mesin wordpress (bukan blog saya sendiri maksudnya), terus ada kenaikan versi, belum kenaikan versi plugin. berapa waktu yang saya butuhkan untuk melakukan update. Meskipun untuk domain yang sama saya masih bisa mengakalinya dengan menggunakan Wordpress MU.

Blog gratis seperti Wordpress dan Blogspot saya rasakan cukup robush dan tangguh. Kita tidak usah lagi berfikir tentang sewa hosting, space untuk gambar, serta update aplikasi.

Untuk memindah blog dari berbayar ke Wordpress.com tak terlalu sulit.Ada menu eksport import yang amat membantu proses pemindahan. Mapping Domain sudah ada fasilitasnya di Wordpress.com, yang belum saya etmukan adalah jika blog kita menggunakan sub domain, bagaimana melakukan mapping ke wordpress agar alamat artikel2 kita yang lama yang telah terindex di Google dan forum-forum tidak mengalami death link ?

Alternatif yang ada di kepala saya adalah :

  1. Membuat subdomain forwarder ke alamat wordpress.com misalnya achedy.domain.com ke achedy.wordpress.com
  2. Membuat .htaccess agar jika ada URL pada domain lama yang diakses maka dia akan melakukan redirect ke halaman wordpress baru.

Sampeyan punya alternatif lain ?

--------------
Ilustrasi dari Baso Basri

3 komentar:

  1. Wah info bagus nih. maksih dan salam kenal

    BalasHapus
  2. kalo untuk bisnis mending yang bayar cak. lebih bebas :)

    BalasHapus
  3. iya saya juga sempat melirik blogspot yg mana kita masih banyak kesempatan utk mengutak-atik kode htmlnya namun memang ada beberapa kekurangan seperti cak edy sebutkan (nggak ada 'page'-nya). Kalau wordpress kesusahan untuk menambahkan kode javascriptnya.

    Oleh karena itu pilihan saya masih senang pakai sewa hosting sendiri karena lebih bebas utk melakukan modifikasi script.

    seandainya ada layanan blog gratis sekelas blogspot dan wordpress yg mengijinkan utk lebih powerful dalam melakukan modifikasi script mungkin saya tidak perlu pakai hosting lagi, cukup beli domainnya aja.

    BalasHapus

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)