Sabtu, 12 September 2009

Tips Istiqomah Ngeblog

Kalau di hitung2 kehadiran blog di Indonesia sudah tidak muda lagi. Namun di usia yang kesekian kalinya ternyata gregetnya malah menurun. Para senior yang awal2 menjadi penggerak budaya ngeblog sekarang pada berguguran. Kalaulah ada posting, rentangnya juga amat lama, enam bulan baru posting sekali. Itupun kalau sempat. Dalam beberapa waktu ini saya juga membersihkan banyak blog dari daftar agregasi komunitas muslimblog karena sudah banyak blog yang telah tutup. Kalau blog yang postingnya setahun yg lalu juga saya hapus, rasanya penghuni agregasi muslimblog akan tinggal beberapa buah saja.

 Sebenarnya masalah nggak mood posting itu bisa disiasati. Pertama jangan memaksakan diri membuat posting panjang lebar jika anda sedang tidak punya banyak waktu untuk mencari referensi. Cukup gagasan utama saja yang anda tulis. Mungkin hanya satu sampai empat paragraf. Tapi itu menjaga nafas blog anda. Bukanlah berparagraf2 tulisan itu intinya sebenarnya hanya satu paragraf saja?

 Kedua, jika posting menggunakan komputer terasa ribet gunakan perangkat mobile. Apalagi sekarang perangkat mobile sudah canggih2. Lebih simple dan bisa dilakukan dimana saja. Saya yang menggunakan hp biasa saja bisa ngeblog. Happy Blogging.

Diposting melalui email. Didukung oleh posterous.com

3 komentar:

  1. yuk.. semangat ngeblog..

    BalasHapus
  2. wah jadi punya semangat ngeblog, thx cak edy.. ngomong-ngomong planet trenggaleknya sik bukak calon anggota po gak cak edy

    BalasHapus
  3. #Anang : Ayo cak !
    #PRASBUDI : Isih bukak cak sampeyan tak daftar sisan yo.

    BalasHapus

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)