Jumat, 11 September 2009

Ternyata Potensi Kita Lebih dari Yang Kita Perkirakan

Sholat tarawih di Masjid Manarul Ilmi ITS

Ramadhan sungguh memberikan banyak pelajaran. Bahwa ternyata kita mempunyai potensi jauh lebih hebat dari yang kita bayangkan selama ini.

Bandingkan diri kita saat Ramadhan dan di luar Ramadhan. Menjalankan shalat isya berjamaah di masjid sulit sungguh. Ada seribu satu alasan yang mengikat kaki kita untuk tidak pergi ke masjid. Dan di bulan ini sungguh kita menjumpai keajaiban, orang yang jarang ke masjid pun ikut sholat Isya berjamaah ditambah dengan tarawih dan witirnya.

Tengoklah pula akan ibadah pusasa sunnah kita, puasa sunnah minimal tiga hari dalam sebulan teramat berat untuk kita lakukan. Ada seribu alasan. Tapi di bulan ini kita setiap hari berpuasa, tanpa merasa berat dan kesulitan.

Apalagi kalau malam ganjil di bulan Ramadhan, yang diperkirakan muncul malam seribu bulan itu. Di malamnya, tilawah dua sampai tiga juz tak terasa berat, padahal diluarnya, seharian kita hampir tak pernah bisa menggapai satu juz saja.

Ramadhan memang ajaib, dan pelajaran ini sungguh patut kita renungkan, bahwa sesungguhnya kita bisa mejadi lebih dari yang tampak hari ini.

1 komentar:

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)