Senin, 07 September 2009

Kapan Waktu Turunnya Al Quran ?

Kapan sesungguhnya turunnya Al Quran ? Orang Indonesia sering memperingati waktu turunnya Al Quran yang biasa disebut Nuzulul Quran pada malam 17 Ramadhan. Di waktu lain ada yang mengatakan bahwa turunnya Al Quran adalah pada malam Lailatul Qodr, yang persisnya tidak ada yang tahu kecuali sebuah petunjuk bahwa malam itu ada di malam-malam ganjil pada sepuluh hari terakhir di bulan Ramadhan sebagaimana difirmankan Allah :

Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Qur'an) pada malam kemuliaan (QS 97:1)

Kemarin pertanyaan yang sering saya dengarkan itu ditanyakan di dalam acara Sehari Bersama Al Quran. Menurut Ust. Baihaqi, narasumber dalam acara tersebut, kedua-duanya benar. Lailatul Qodr adalah malam turunnya Al Quran dari Lauhul Mahfudz ke Langit Dunia secara sekaligus. Sedangkan dari langit dunia, ayat-ayat Al Quran diturunkan secara berangsur-angsur kepada Nabi Muhammad SAW. Turunnya AlQuran kepada Nabi Muhammad yang pertama kali itulah yang disebut Nuzulul Quran, yaitu turunnya surat Al Alaq ayat 1 sampai 5 di Gua Hiro.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)