Kamis, 02 Juli 2009

Obrolan Tentang Web Hosting

Kemarin Cak Edy dimintai pertimbangan seorang teman yang akan mendapat sebuah hadiah space hosting dari temannya. Space 5 GB dan Bandwith bulanan 50 GB. Cak Edy langsung terperanjat, segitu gedenya, sampai-sampai cak Edy katakan, mungkin bisa dibuat hosting orang sekampung. Namun Cak Edy  yang sudah berpengalaman hosting di berbagai tempat, mempunyai pertanyaan lain. Soal besar tidak ada masalah, namun soal kualitas ?

Penyedia web hosting mempunyai dua tugas. Pertama menyewakan space hosting, kedua menjaga kualitas layanan. Soal 5GB  dan 50GB bandwidth adalah fungsinya sebagai penyewa kapasitas space hosting. Namun soal kualitas seperti kecepatan untuk di akses, mudah dihubungi, uptime (server tidak gampang mati) adalah soal lain yang lebih penting. Jadi jangan sampai space besar tapi lambat diakses dan sering mati, mana petugasnya nggak bisa dikonfirmasi.

Cak Edy sendiri sudah 3 kali kehilangan data di internet gara-gara tidak pintar dalam memilih web hosting. Bagi Cak Edy kehilangan data tak kalah sedih dibanding kehilangan harta. Bayangkan, situs yang di kelola bertahun-tahun tiba-tiba lenyap, dan pengelola hosting hanya bilang bahwa pihak datacenter di Amerika tiba-tiba memutuskan layanan secara sepihak karena hosting terindikasi melakukan spam. Dan demikian bahkan Cak Edy pun tidak diberi kesempatan untuk membackup data. Dari situ Cak Edy paham, dalam soal hosting kualitas harus dinomorsatukan daripada masalah space. Dan soal bagaimana memanfaatkan space hosting anda yang saipet itu, lain kali kita obrolkan disini.

Menurut Cak Edy, dalam memilih hosting yang perlu diperhatikan adalah :

  1. Mempunyai kantor tetap yang ada alamat dan nomor telephone nya.
  2. Mudah di kontak, baik melalui email, YM atau sarana lain. Biasanya saya lebih suka pakai email untuk hal teknis dan YM untuk hal non teknis, karena pertanyaan teknis biasanya membutuhkan waktu untuk mencari jawabannya.
  3. Mempunyai auto backup. Jika sewaktu-waktu ada masalah di hosting maka ada backup datanya.
  4. Jika anda hanya butuh pengakses dari wilayah Indonesia, paket IIX (Indonesian Internet eXchange) mungkin bisa menjadi pilihan, agar situs bisa diakses dengan cepat.
  5. Harganya Wajar (tidak terlalu murah), ingat pepatah cak, “Ana Rega Ana Rupa

Namun pencarian yang paling gampang adalah dengan mencari reviewnya di google. Ketikkan saja nama layanannya di google maka kita akan mendapatkan informasi dari para pengguna yang memakai jasanya.

Jika sebuah hosting (misalnya hostinggombal.com) sudah memiliki banyak pengguna ketikkan saja kata “kecewa layanan hostinggombal.com”. Maka anda akan mendapatkan banyak pertimbangan.

Sedangkan untuk memilih paket apa yang ingin diambil, biasanya cak Edy menetapkan tujuan terlebih dulu, apakah untuk profil kompeni (company profile), untuk blogging, atau untuk membuat situs portal.

Sebagai contoh kalau kebutuhannya untuk profil kompeni, nggak butuh space gede karena pengaksesnya tidak besar. Bahkan kalau hanya untuk menulis saja, dan tak ingin banyak pilihan, anda malah bisa beli domain saja, sedang hostingnya bisa menggunakan  mesin dan space di blogger.com.

8 komentar:

  1. Menurut saya kalo saya ISP lokal untuk saat ini yang bagus qwords.com

    Tapi kalo gak butuh macam2, hostingnya aja di wordpress, trus domain beli sendiri :)

    BalasHapus
  2. #AKHDIAN : Tapi untuk wordpress kalau kita mo pake domain sendiri harus bayar juga ya bos ? Kalau QWords blog ini juga dihosting disana bos, dan saya cukup puwas :D

    BalasHapus
  3. Sama... saya beli domain hosting selalu di qwords, seperti dulu yang pernah di posting cak edy

    BalasHapus
  4. #3 musyaraf : Tapi paketnya makin lama makin mahal bos.Paket terkecil plus domainnya sekarang 350 rebu. Tapi pelayanannya nggak diragukan.

    BalasHapus
  5. Salam kenal tuk senior2 semua..

    BalasHapus
  6. mau tanya dong buat senior2..
    kebetulan saya baru mulai nih..baru juga mau beli domain sama hosting, sambil baca2 tentang domain sama hosting.
    jadi mending beli domain sama hosting dimana dong?
    terus apa bedanya sih server indo sama US..beda kecepatannya gitu apa gimana??

    mohon dijawab ya..trimakasih :)

    BalasHapus
  7. Kalau blog ini saya hosting di qwords.com
    Ada juga idwebhost.com , master.web.id , rumahweb.com dll

    BalasHapus
  8. @lupi Kalau yang server indo sama US hanya masalah lokasi servernya saja. Server indo logikanya lebih cepat diakses di indo, tapi dari beberapa pengalaman server US lebih stabil n lebih cepat terindex di google.

    BalasHapus

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)