Selasa, 30 Juni 2009

Obrolan Tentang Cara Menyajikan Informasi

Dulu orang menyajikan informasi dalam bentuk buku. Dalam sebuah benda yang diberi nama buku itu disajikan informasi terstruktur dengan harapan agar mudah difahami.

Teknik penulisan buku juga berkembang. Kalau dulu pendekatan penulisannya sangat formal-normatif, sekarang banyak didapatkan bentuk penulisan yang out of the box. Buku macam seri Head  First yang dikeluarkan oleh O’Reilly Publisher seakan menyadarkan bahwa sesungguhnya hasil akhir yang ingin dicapai dalam penyajian informasi adalah bagaimana penerima informasi cepat memahami informasi yang disuguhkan. Dalam seri buku yang sangat saya sukai itu, bahkan informasi pemrograman, yang bagi sebagian orang menyeramkan, ditampilkan secara ramah sebagaimana buku catatan yang penuh tanda panah dan coretan di sana-sini.

Gb 1. Tampilan buku seri Head First

Media buku juga mengalami evolusi. Disamping kertas, sekarang muncul buku jenis digital. Diluar kelemahannya, jenis digital lebih menghemat tempat dan  lebih mudah dibawa. Satu GB ebook dalam flash disk, mungkin bisa mewakili perpustakaan sebesar satu kamar. Resikonya, untuk membacanya diperlukan alat.

Diluar itu, ada lagi yang menampilkan informasi dalam bentuk CD interaktif. Sebuah materi dikemas dalam sebuah CD atau file yang didalamnya terdapat presentasi, gambar, dan video. Dengan bantuan perangkat lunak, bermacam informasi dengan berbagai format diintegrasikan dan disajikan dengan lebih terstruktur dan menarik.

Pembuatan dalam bentuk CD interaktif adalah yang paling cepat. Sebagai contoh, jika Cak Edy membuat menjelaskan cara install wordpress dalam bentuk tulisan dan gambar ilustrasi mungkin bisa sampai dua jam. Namun jika Cak Edy menggunakan ilustrasi video, mungkin waktunya bisa dikompres dalam 15 menit saja.

Kawan, saya sendiri mempunyai niat untuk penyajikan informasi itu. Saya ada sedikit pengalaman seputar Blogging, Toko Online, Hosting, Web Programming, dan sebagainya. Dengan ini bahkan bisa jadi saya mendapatkan uang saku.

Menurutmu format apa yang paling cocok saya gunakan  ?

1 komentar:

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)