Rabu, 31 Desember 2008

USB Bluetooth Made In China Itu

BluetoothKehilangan kabel data Samsung SGH-Z170 cukup menyusahkan. Saya tidak bisa transfer foto, file, YM dengan GPRS dan sebangsanya. Membeli ? biasanya tak kurang dari 150 ribu, dan itupun tak gampang dicari. Saya tanya untuk versi dibawahnya aja katanya harus inden, walah...

Tapi sodara, jangan lupa, bahwa HP ini mempunyai koneksi bluetooth, sedangkan laptop saya merek Axioo yang paling murah ini tak tersedia blutooth serupa. Saya ke supermarket dekat rumah yang ada counter pernak-pernik komputer dan disana ada USB Bloetooth. Lumayan.

Ada dua, satu bentuknya kecil, bungkusnya transparan dihargai 40.000 rupiah. Satunya hitam, agak besar, terus ada antenenya. Dihargai 45.000 rupiah. Spesifikasi sama, tetapi yang 45 ribu itu dari tampilannya lebih kelihatan professional. Apalagi ada antenenya. Bayangan saya pasti daya pancarnya lebih kuat. Saya ambil yang seharga 45.000.

BlueTooth USBSampai rumah saya buka bungkusnya, setelah saya cari mereknya ternyata nggak ada hanya ada tulisan Boetooth dan dibawahnya ada tulisan "made in china". Saya tegakkan antenenya. Kreek .. pangkal antene mendesak cassing dan cassing sedikit terbuka, dan segelnya sobek. Kepalang basah saya buka sekalian, sekalian penasaran dengan isinya. Betapa terkejut saya, ternyata yang besar cuma casingnya saja. Dan antena itu ? ternyata hanya hiasan saja. Terbikin dari plastik, yang tidak ada sangkut pautnya dengan fungsi bluetoothnya.

Lalu saya pasang di laptop, dan saya coba, sambil harap-harap cemas, ternyata dikenali dengan baik. Tahap berikutnya adalah install drivernya, saya coba CD kecil yang disertakan, duh ternyata nggak bisa dibaca CD Room. Terpaksa download software BlueSoleil yang besarnya sak hohah itu.

Maka tak salah Alim Markus yang berkata,"Pakailah ploduk-ploduk Indonesia" itu. Cuma masalahnya, adakah USB Blutooth made in Indonesia ?

11 komentar:

  1. lho bukannya xp sp2 langsung bisa kenal sama langsung nginstal program bluetooth windows.

    saya beli yg 35rb bisa digunakan di xp sama linux.

    di xp jg gak perlu nginstal lagi.

    tp masih mending bluetooth, saya beli DVD rom tulisannya samsung tp pas di BIOS entah apa, TSS klo gak salah.

    BalasHapus
  2. Ada Cak Edy, bluetooth made Indonesia, malah pabriknya di Karangan, Trenggalek. Merknya BLUTUT ENDHUT... Kang Edy apa gak pernah tau, to?!

    BalasHapus
  3. #2 Saya pake XP SP3. Pada punya saya ini driver nggak otomatis ada.
    #3 Yang itu kan BLUTUT merk BOTO :D

    BalasHapus
  4. Bentar-bentar. Ini masalahnya kan gara-gara kabel data Samsung Z170. Saran saya kalo beli HP yg komplit. Ada kabel datanya maksud saya. Kayak punya saya klik disini

    BalasHapus
  5. #5 Kan diatas dah ku bilang kalau hilang, Tapi alhamdulillah sekarang ketemu lagi. Alhamdulillah :)

    BalasHapus
  6. aku ingin donwlod driver bluetooth ini

    BalasHapus
  7. Lam kenal pak, kebetulan sy juga punya samsung sgh z170 dan kabelnya rada error. dan saya juga pake bluetooth di sony vaio saya sebagai konsekuensinya.
    Waktu transfer pake Samsung PC Studio semua oke, bisa konek. Hanya saja waktu mau internetan pake 3G kok gak kedetek ya modemnya. Modem hanya kedetek kalau pake kabel USB..
    Apa pak Edy juga mengalami hal ini?

    Trims

    BalasHapus
  8. #8. Beberapa kali malah saya nggak bisa terkoneksi HP - PC Studio Pak.Coba aja kalau pake bluesoleil pak, saya sendiri belum pernah mencobanya. Sekarang malah keasikan akses langsung dari HP.

    BalasHapus
  9. Wah, brrti kta ga bleh trtipu pnampilan dunk. Thanks bwt postingan ente. Tp aku jg ad mslh dlm pmsangan bluetooth nih, tolongin ya..
    Stiap mau pke bluetooth psti ga bsa dan ktanya local bluetooth device not found. Padhal smua nrmal, ap ad yg prlu d setting lagi? Tolong bls d emailku. Toloo..Ng banget.

    BalasHapus
  10. Saodink Saodank21 Okt 2009 21.38.00

    HahhahaA..!!!

    Penipuan kualitas ekspor..
    Dan ane juga termasuk korban-nya..
    :)

    BalasHapus

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)