Jumat, 13 Juni 2008

Mengakali Keterbatasaan Windows Vista Starter

Saat saya membeli laptop dan ditawari Windows Vista Starter yang dibundel bersama Notebook Axioo, saya langsung mengiyakan. Secara pribadi sebenarnya saya tidak tertarik pada Vista. Bagi saya, di keluarga Windows, XP jauh lebih menarik. Clean, Simple, Fast. Namun apa lacur, kelihatanya Microsoft memang menggunakan cara pemaksaan bahwa yang yang dsertakan pada hardware hanyalah Vista, didak ada pilihan XP. Saya tahu ini hanyalah akal-akalan Microsoft untuk mendongkrak statistik penjualan Vista yang konon tidak terlalu diminati.



Versi starter Edition yang dijadikan paket bawaan Laptop di jual dengan harga 150.000 sampai 200.000. Namun jika tidak dibeli bersamaan dengan pembelian laptop katanya harganya sekitar 400 Ribu. karena harganya yang tidak terlalu mahal maka saya membelinya. Konon starter edition hanya di jual di negara berkembang saja.


Bagi sebagian orang Windows memang mempunyai daya tarik sendiri. Dukungan driver yang baik (ini pengalaman saya selama ini), proses instalasi yang tinggal sekali klik (nggak butuh dependensi ini itu yang memusingkan), banyak utility freeware yang sangat membantu pekerjaan, dan hampir semua software yang ada di Linux tersedia versi windows nya. Sehingga meskipun saya menggunakan Vista, namun semua aplikasi di dalamnya menggunakan aplikasi Open Sources dan berbagai freeware di Windows. Inscape, GIMP, Open Office dan berbagai perkakas lainya


Yang saya tidak tahu saat membeli starter edition adalah kemampuannya. Ternyata Starter edition hanya mampu membuka tiga aplikasi secara bersamaan. Terus terang ini cukup menyulitkan. Jika kita membuka YM sama Winamp maka sudah dua aplikasi, terus bagaimana jika saya mau memprogram yang harus membuka firefox dan editplus ? Ngga cukup kan ?


Namun setelah saya amati, setiap program yang berjalan di background / iconnya tampil di tray icon (bawah kanan) maka tidak dihitung dalam tiga aplikasi yang telah saya sebutkan.


Saya tidak melakukan pekerjaan ilegal, hack, crack, dan lainnya. Melihat bahwa semua alikasi dalam tray icon tidak dihitung sebagai aplikasi yang sedang dibuka, maka iseng - iseng saya menginstall PStat . PStat adalah aplikasi yang iasanya digunakan di flash disk untuk mengeluarkan menu-menu pada aplikasi portable yang ada dalam flashdisk. Dan biasanya menu tampil di tray icon. Ternyata, jika saya menstart aplikasi dari menu PStart maka dia tidak dikenali sebagai aplikasi terbuka yang harus dibatasi. Dengan demikian kemampuan nya menjadi setara dengan home basic lah. Tapi yaitu tadi, buka aplikasinya harus dari PStart.

27 komentar:

  1. Emang keterbatasan selalu membikin kita jadi lebih cerdas

    BalasHapus
  2. aris nurbawani21 Jun 2008 16.16.00

    laptopnya baru ya ? seep...

    BalasHapus
  3. ASS..

    Wah..info bagus neh mas......
    thanks ya

    salam kenal mas.

    BalasHapus
  4. Wew... info yg bagus bgt mas... apalagi harga starter itu 1/2 dari yg home basic!!

    BalasHapus
  5. WAH SAIKI KOK JARANG UPDATE :)

    BalasHapus
  6. aku memakai windows vista stater, tapi tiap 2 bulan sekali aku harus install ulang karena dia minta aktifasi. karena aku tidak tau pa kode aktifasinya. jadi bagi yang punya aktifasi bantu aku dong.

    BalasHapus
  7. # RICHINUS

    Apakah Vista Starter yang panjenengan gunakan bukan asli ? Semestinya kalau asli anda akan di bekali kode aktivasi. Dan kode aktivasi tiap2 produk kan benrbeda2. Mungkin anda bisa menghubungi microsoft indonesia.

    BalasHapus
  8. vista emang lebih baik tampilannya,,
    tapi di vista starter kq ada yang aneh...

    buka group policy editor g bisa truz firewallnya gbs dinonaktifkan,,,

    ada g ya cara upgrade vista starter ke vista ultimate/home/premium???

    BalasHapus
  9. Trims infony... q mo ty mas, gimn yaaa cr update windows vista stater tp yg mdh,cpt n free! atau semacemnylh. jjr ini br pertm kl sy menginstal, mn bajakan.... gk ngerti bunaget. heee. please

    BalasHapus
  10. ada yang lebih enak lagi, pake cube desktop. cocok untuk vista.
    gak gratis sih, tapi kalo mau cari yang full ada kok.
    hehe

    BalasHapus
  11. Salam kenal, saya mo tanya2 sedikit ttg windows vista, knp ya..saya install adobe audition 2.0 tp ga mau dibuka, malah ada perintah "harus masuk lewat account admin" sedangkan account yg sy pake, ya...admin itu... satu lagi pertanyaannya, kenapa adobe photoshop ga mau di install ya?...alasannya juga sama begitu di install perintah "harus masuk lewat account admin." mohon bantuannya ya..thx b4

    BalasHapus
  12. #MEMEY
    Coba utak-utik bagian user dan security. User harus mempunyai level administrator biar bisa melakukan instalasi.

    Saya sendiri sudah lupa karena sekarang saya balik kucing ke XP. Vista terlalu berat buat Celeron M kayak punya saya :(

    BalasHapus
  13. kalo cara mengakali biar windows vista starter edition bisa share file dan share printer gimana cak?

    tq

    salam
    yoyon, lumajang

    BalasHapus
  14. #13. Kalau yang itu saya belum pernah coba mas yoyon. Hanya saja setahu saya file yang di share ditempatkan dibawah folder user. Nama foldernya kalau nggak salah share.

    Untuk sharing printer saya belum pernah mencoba.

    BalasHapus
  15. Untuk Mas yoyon..
    barusan tadi saya ingin sharing printer dari vista starter ke xp, emang ternyata sulit, namun diotak atik.. eh ketemu juga
    coba mas Yoyon liat seting di windows fire wall-exceptionnya- aktifkan dengan memberi tanda centang di "file and printer sharing", lalu di menu printer and fax, add printer untuk network. jika belum mau otak-atik hak-hak user.

    BalasHapus
  16. Untuk Mas yoyon..
    barusan tadi saya ingin sharing printer dari vista starter ke xp, emang ternyata sulit, namun diotak atik.. eh ketemu juga
    coba mas Yoyon liat seting di windows fire wall-exceptionnya- aktifkan dengan memberi tanda centang di “file and printer sharing”, lalu di menu printer and fax, add printer untuk network. jika belum mau otak-atik hak-hak user. o iya sekalian ngundang nih.... mampir ke www.ihsamedia.blogspot.com

    BalasHapus
  17. mas sebelumnya salam kenal yah????,,,,saya melihat <>saya jadi ingin bertanya juga nih....bisa ga windows 2000 server di jadikan server yang cliennya menggunakan windows vista....????mohon bantuannya ya????

    BalasHapus
  18. Makasih Mas...
    Ditunggu ide kreatif lainnya...

    BalasHapus
  19. Pa achedy, bisa tolong bantu cara setting sharing file dan sharing printer antara vista starter laptop dengan vista starter pc. thanks.

    BalasHapus
  20. #19 Mas Bambang, Baca Kembali kata pak Ihsa #15

    Control Panel -> Windows Firewall -> Exceptions -> centang File n Printer Sharing.

    Setelah itu folder manapun bisa di share.

    BalasHapus
  21. Terus cara sharing file atau foldernya bagaimana Pak??Trims

    BalasHapus
  22. #21. Baca komentar no 20

    BalasHapus
  23. Pa Achedy, saya sudah centang file and printer sharing di exception-nya. tapi saya gunakan croscable. dan hasilnya tetap ngak ada file sharing. windows minta contact your administrator

    BalasHapus
  24. gmn sob caranya pake pstat ntu,,
    tolong kirim k email sy..
    thanx b4

    BalasHapus
  25. untuk masalah share file n printer di vista starter, emang bukan pada seting firewall maupun hak akses user.. tetapi emang dari sistem sudah dibatesi untuk fasilitas tersebut. sedang untuk limit 3 program saya lebih suka pake vista start menu http://www.vistastartmenu.com/index.html..
    moga membantu..

    BalasHapus
  26. assalaamu'alaikum
    salam kenal
    achedy, saya pengguna vista starter. gimana ya supaya kita bisa segera install arabic, karena sudah beberapa pekan menggunakan, window update untuk arabic language pack belum ada juga.

    teman saya pakai vista ultimate dan di windows up date sudah ada arabic lang pack-nya. bisakah di-copy dan dipakai di vista saya. kalau bisa ngopynya di mana dan bagaimana caranya, syukron.

    BalasHapus
  27. # Pak Amir :
    Mohon Maaf pak, saya belum pernah mencoba.

    BalasHapus

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)