Rabu, 30 Januari 2008

Menulis dan Menghitung dengan JavaScript

Aplikasi TulisAplikasi sederhana ini saya ketik pagi ini untuk memenuhi kebutuhan anak saya dalam membaca dan berhitung. Saya sesuaikan keinginan dan problemnya, terus saya implementasikan pada aplikasi kecil yang saya tulis dengan javascript. Sebenarnya mungkin akan lebih bagus jika menggunakan flash, namun karena saya hanya bisa javascript, akhirnya dengan bantuan javascript pun jadilah. Ada dua aplikasi yang saya buat.

Pertama aplikasi ketik (ketik.html)

Anak saya suka sekali menirukan saya mengetik di komputer. Dalam bulan ini bahkan saya nggak pernah kebagian. Jika komputer dihidupkan, dan anak saya bangun, pasti dia minta "ketik-ketik". Namun proses ketik-ketik pada anak seusia tiga tahun agak sulit karena huruf yang pertama saya kenalkan adalah huruf kecil, sementara huruf yang ada pada keyboard adalah huruf besar.

Akhirnya saya membuat papan ketik sederhana dengan huruf yang kecil semua dan angka yang dipilih dengan menggunakan mouse.

Kedua aplikasi hitung (hitung.html)

HitungAnak saya bisa berhitung satu sampai sepuluh, namun sering lupa dengan angkanya. Aplikasi ini mengajarkan berhitung satu sampai sepuluh. Setiap angka saya bantu dengan berbagai benda dengan jumlah yang sesuai dengan angkanya.

Karena saya malas, maka saya tidak menggunakan gambar, hanya meload font webdings. Jadi anda harus mempunyai font webdings dalam komputer kita agar gambar bisa dilihat. Untuk pengguna Windows font webdings biasanya sudah di bendel di dalamnya.

Saya coba di IE (Windows) dan Firefox (Ubuntu Linux), keduanya bisa menjalankannya dengan baik. Namun tadi saya sempat mencoba di Firefox Windows dan nggak bisa meload font webdings.

Karena programnya sangat sederhana saya kira kita bisa menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan kita dengan mengedit javascriptnya.

Jika berkeinginan silahkan mengunduhnya disini.

4 komentar:

  1. Bagus pak edi, moga banyak inovasi buat si kecil ya pak... Flash Card maupun Mini Games ini akan membuat si kecil suka "hal baru" :)

    BalasHapus
  2. coba liat di sini .... ada banyak educational software untuk anak 2 - 10 th ... dan yang penting gratis.......

    http://kambing.ui.edu/fedora/releases/9/Everything/i386/os/repoview/education.group.html

    BalasHapus
  3. punya yang flash gak hehehehehe biar simple

    BalasHapus
  4. #3 Flash sebenarnya memang lebih menarik dan portable. Cuman belum ada waktu untuk belajar :D

    BalasHapus

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)