Minggu, 06 Mei 2007

Kecanduan Linux Zenwalk

Perkenalan saya dengan Zenwalk membuat saya benar-benar ketagihan. Seperti malam ini, saya main ke kantor hanya untuk mencari paket-paket Zenwalk. Install turunan Slackware memang berbeda dengan Mandriva. Pada Mandriva pengecekan dependensi dilakukan sebelum software diinstall, namun pada turunan Slackware, meskipun dependensinya belum diinstall, software tetap bisa diinstall, meskipun ketika di dijalankan muncul warning bahwa library tertentu tidak ada.

Sekarang, setiap sampai di rumah, saya selalu menghidupkan komputer dan selalu memilih Zenwalk. Saya benar-benar merasa nyaman dengan distro ini, meskipun seperti lainnya, kekurangan tentu masih ada.

Pada Zenwalk, saya sempat install Open Office, Opera, Snapshoot dan semuanya berjalan dengan lancar. Namun ketika install chmlib+xchm untuk membaca ebook chm saya yang seabreg, inkscape untuk vector, tidak bisa berjalan karena masalah dependensi.

Di Linux ini, satu hal yang membuat saya malas adalah urusan dependensi saat instalasi aplikasi. Ribet, rebyek, rumit, ngabisin waktu. Begitu kita install a kurang b, diinstall b kurang c, dan diinstall c kurang e sampai frustasi. Saya sendiri memang tidak segila Arjuna dengan MPlayernya.

Pada Zenwalk ini, saya pernah mencoba menginstall plugin untuk membaca CHM via Firefox. Namun entah kenapa meski sudah berhasil install tetap tidak bisa digunakan. Sehingga inilah hal penting yang belum bisa saya pecahkan sampai saat ini.

Yang paling saya sukai adalah cara instalasi XAMPP dari Apache Friends. Cara instalasinya tinggal ekstrak di /opt . Terserah Linux apa saja, dan versi berapa saja dia mesti akan berjalan. Ah, kenapa aplikasi-aplikasi itu nggak buat cara install yang seperti XAMPP aja. Cara share library yang dipakai Linux memang menghindarkan dari redundancy, tapi cost yang dibayar juga termat mahal. Saya pribadi lebih menyukai redundan tapi mudah (ya kayak XAMPP itu), daripada penghematan space tapi menghabiskan energi.

Sekarang memang ada Puppy Linux yang setiap saya install nama_aplikai.pub, tidak pernah bermasalah dengan share library, namun apakah ini karena konsepnya yang memperbolehkan redundan library saya sendiri belum tahu. Kelemahan Puppy hanyalah karena dia masih berkutat pada besar distro yang hanya 130 MB sehingga semuanya dibuat terbatas, padahal konsepnya amat saya suka.

Terakhir adalah kamus. Kalau di windows banyak sekali freeware kamus, tapi di Linux saya belum bersua juga. Dan kalaulah bersua saya malas kalau dihadapkan dependensi. Saya sendiri coba-cobanya di rumah, dan saya tidak punya koneksi internet di rumah. Tapi untuk yang ini saya sudah menemukan solusinya, membuat sendiri program kamus berbasis web, sedangkan databasenya mengambil data kamus yang ada di windows.

Ngoprek lagi ahhh ....

14 komentar:

  1. wah
    zenwalk ini turunan dari slack?

    *mantan pengguna slack yang kangen slack*

    BalasHapus
  2. Zenwalk turunan dari slack mas. Anaknya slack ini tampil menggoda mas.

    BalasHapus
  3. Untuk program kamus, kalau dah ada bisa dishare dunk mas :-)

    BalasHapus
  4. #3 Sebenarnya pingin saya share mas, namun
    a. Program itu adalah ide rekan saya, meskipun yang ngoding saya, dan mungkin saya harus izin padanya.
    b. Databasenya menggunakan database pada kamus komersial Linguist. Saya takut dikatakan melanggar hak cipta.

    BalasHapus
  5. keunggulan dibanding redhat apa ya, maklum saya soal linix masih null, ini aja mau belajar redhat (ketinggalan kali....)

    BalasHapus
  6. Cara menjalankan billing di zencafe gimana ya,soalnya aku masih awam tentang linux, ada yang mau bantu pleaseeeeeeeeeeeee

    BalasHapus
  7. #5. Menurut saya Zen berukuran lebih kecil dan ringan. Cocok untuk komputer dengan spesifikasi minimal.

    #6. Kalau billingnya, saya sendiri belum pernah mencoba, coba tanyakan ke pembuatnya ( http://www.ahardiena.uni.cc/ )

    BalasHapus
  8. ngemeng epe................

    BalasHapus
  9. gua dpt tugas TA meh,,,,, tolong bantu troubleshoting linux zenwalk.please kirim lewat email.

    BalasHapus
  10. Klo gw saranin sih pertama download semua extra pakage a,d,l baru deh download program di xap extra

    BalasHapus
  11. Mas.. Cari program buat ngecek dependensi linux dimana yah.. ada yg bisa bantu ga..??? Help Me...

    BalasHapus
  12. pakai distro apa mas?
    kalau pakai distro zenwalk pakai program netpkg aja

    BalasHapus
  13. Linux oh linux.... Yang mana ya yg susuai dg lapto jadul IBM gw? Dah coba dsl, tpi tampilanx sngat jelek.. :(

    BalasHapus
  14. yang pasti pasti ringan nih distronya

    BalasHapus

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)