Rabu, 14 Juni 2006

Produk Terkenal Tidak Butuh Web ?

Tadi saya sempat mencoba mencari situs Anlene(Produk Susu Untuk Tulang) yang iklannya gencar di TV, Redoxon, dan Protecal berbahasa Indonesia. Saya hendak mencari informasi yang lebih mendalam tentang ketiga produk itu, dan mencari kontak perwakilannya di Indonesia jika ada, sukur-sukur kalau ada email tempat kita mengirim aplikasi kerjasama atau sekedar bertanya.


Dari ketiganya, saya hanya menjumpai Anlene saja (http://www.newzealandmilk.co.id/), yang websitenya sudah menggunakan domain co.id. Saya baru tahu ternyata Anlene adalah produk dari newzealandmilk. Lumayan, meskipun kenyataannya saya hanya mendapatkan informasi yang terlalu minim tentang produk itu. Untuk kontak, hanya ada alamat, no telepon, dan Fax. Tidak ada form atau alamat email yang bisa saya dapatkan disitu. Sebuah ketidaklaziman dalam dunia web, namun begitulah.

Untuk Redoxon dan Protecal, malah lebih parah. Link pertama kata Redoxon untuk pencarian halaman berbahasa Indonesia malah nyasar ke ketawaketiwi.com ha..ha.. Informasi tentang Protecal juga tidak saya dapatkan kecuali artikel-artikel yang terserak pada koran.


Produk-produk yang saya sebutkan tadi adalah produk-produk yang teramat terkenal di Indonesia, yang bisa kita dapatkan dimana saja. Namun anehnya mengapa saya tidak mendapatkan informasi yang cukup berharga di Internet ? Mungkin perwakilan produk ini di Indonesia tidak menganggap internet cukup signifikan untuk dijadikan alat promosi dan komunikasi dengan dunia luar. Mungkin sangat sedikit orang seperti saya mencari produknya tidak di televisi atau di radio, namun di internet. TV dan Radio bukanlah alat yang bisa memberikan umpan balik, apalagi ditanyai. Untuk telpon, nggak tahulah, saya adalah orang yang paling malas menelephon. Namun itulah kenyataannya, saya hanya bisa bergumam daam hati, hari gini ....

2 komentar:

  1. Nah, itulah Mas. Mgkn karena brand-nya sudah kuat promosi yang spt itu gak diperlukan lagi. Padahal kalo mau, malah lebih bagus. Khan banyak juga konsumen yg perlu informasi lebih detail. ya, spt sampeyan itu.

    BalasHapus
  2. [...] Kemasan produk harus disertai dengan infoemasi jenis, isi dan bagaimana menggunakan. Perlu juga dicantumkan info tambahan seperti : Customer service, website. Bagi yang lain mungkin tidak penting, tapi bagi konsumen seperti Kang edy sangat berarti, misalnya Beliau pernah protes disalah satu postingannya karena ada produk yang tidak punya web. Ini berarti di kemasannya tidak tertera alamat situs ybs. [...]

    BalasHapus

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)