Selasa, 21 Maret 2006

Liriknasyid.com Mati ?

Lama saya tidak ngeblog, karena dua minggu terakhir saya cukup sibuk. Selain siangnya memberi pelatihan tentang web yang full time selama dua Minggu, saya juga harus mengerjakan rebuilding terhadap liriknasyid.com sambil menunggu hasil musyawarah antara saya dengan Cak Agus, karena sampai saat ini, situs itu sedang down selama dua minggu.

Situs itu sebenarnya berawal dari situs hobi Agus Waluyo sebagai add ons situs pribadinya. Namun karena mendapat sambutan yang cukup luas terutama oleh rekan-rekan penggemar nasyid dari Malaysia apalagi mendapat tawaran hosting gratis dari Malaysia dan donasi domain dari rekan cak Agus, akhirnya situs itu online dengan nama liriknasyid.com.


Sudah hampir setahun ini, donatur hosting hilang tak berbekas. Sahabat baik kami yang dulu setiap hari online sekarang hilang tak tahu rimbanya, tidak bisa kami hubungi walau dengan email sekalipun. Kami tidak bisa melakukan apa-apa selain membackup data secara manual tiap bulan, khawatir jika tiba-tiba hosting didisable.


Dan benar, saat ini hosting telah didisable oleh empunya, dan keadaan liriknasyid.com menjadi mengambang. Ada beberapa alternatif untuk bisa mengonlienkan kembali situs itu.


Pertama menghost di penamedia.com, namun ternyata kendalanya karena host berharga sangat murah, maka fasilitas menambah domain di space didisable, jadi alternatif pertama gagal.


Kedua menyewa hosting. Sebenarnya tidak apa-apa, namun saya telah mengelola hosting lain. Sebenarnya ada hosting yang sangat murah, namun saya tidak mau pindah-pindah, karena pindah hosting memakan sangat banyak energi terutama restore database sebesar 2,5 MB. Hosting yang murah hanya support restore dengan PHPMyAdmin yang kami harus memecah data SQL untuk ukuran data yang besar. Hosting murah juga tidak mempunyai auto backup sehingga tidak ada jaminan terhadap data hilang. Suportnya juga seadanya. Pengalaman host di hosting murah :)


Sebenarnya kebutuhannya tidak terlalu besar. Hanya 1 MB data program dan gambar, serta 2,5 MB data SQL. File transfer bulanan juga tidak sampai 1 MB.


Ketiga, ada tawaran hosting gratis dari seorang rekan di Hawai, namun saya harus mentransfer domain dan membayar domain di hostingnya. Sebenarnya tidak masalah saya membeli domain, hanya saya sering kesulitan untuk melakukan pembayaran. Kartu kredit ? boro-boro, kalau kredit baru mungkin :).


Keempat ada tawaran dari rekan Malaysia yang ada di Amerika, yang mau menanggung biaya hosting selama setahun. Ini yang belum saya tindaklanjuti bagaimana mekanismenya. Mungkin dibelikan host di Amerika, namun kalau habis bagaimana cara saya memperpanjangnya, kecuali setahun kedepan saya jadi orang kaya yang tinggal memasukkan nomor kartu kredit saya. Atau di sewakan langsung yang di Indonesia saja. Apakah mekanisme transfer tidak menyulitkan ?


Saya memang masih menjajagi semua kemungkinan, yang memungkinkan saya tidak sering-sering pindah hosting lagi. Saya tidak ingin mengambil keputusan secara cepat namun di akhirnya meninggalkan masalah baru. Sambil menunggu para pengakses yang tidak sabar, saya akan menguploadnya ke freehost terlebih dahulu. Tapi kemarin akses internet yang cukup lambat dan database yang cukup besar menjadikan situs masih belum bisa online.


LirikNasyid.com adalah khazanah Islam yang pernah muncul di internet, akankan dibiarkan mati ? Tidak akan.

5 komentar:

  1. prospektif gak kang? maksudnya dari sisi bisnis...
    ada statistik pengunjungnya gak?

    BalasHapus
  2. Statistik pengunjungnya dulu ada, tapi kan nggak sampai saya backup. Kalau dari segi bisnis, saya fikir nggak ada content yang berhasil kecuali detik.com, apalagi cuman lirik nasyid. Besar disini hanyalah ukuran saya yang seorang amatiran saja. Lha untuk menghidupi situsnya sendiri aja nggak bisa kok :)

    BalasHapus
  3. Oo..ternyata sibuk ngisi training to pak. Pantesan jarang beredar :)
    Semoga liriknasyid.com cepat pulih ya. Saya termasuk yg sering berkunjung..ngopi2 lirik di sana.

    BalasHapus
  4. frefronthost memang oke :)

    BalasHapus
  5. selamat datang kembali ke dunia maya kang edi su edi. Semoga Lirik nasyid bisa mendapatkan darah segar. atau meunikitu bisa nyumbang gitu...nyumbang foto utk pernikahannya agus kamsudnye ;))

    BalasHapus

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)