Kamis, 19 Januari 2006

Berburu Buku di Flazx dot Com

Suatu hari saya membutuhkan sebuah buku tentang Ruby dan frameworknya Rail, sebuah bahasa pemrograman baru yang cukup banyak diperbincangkan. Saya tidak tahu, apakah di Indonesia sudah ada yang menterbitkannya, tetapi cara yang paling mudah adalah mencarinya di internet terlebih dahulu.


Dalam pencarian itu saya tersesat pada sebuah situs yang menyediakan banyak e-book bertopik komputer yang bisa di download gratis, flazx.com . Sebenarnya bukan flazx.com yang menyediakan download gratis itu, tetapi flazx.com hanyalah menyediakan tautan ke file-file e-book yang di share di internet. Tetapi kebanyakan file ditautkan ke rapidshare, sebuah layanan download dan upload file yang cukup besar di internet.

Cukup kaget juga, ternyata e-book yang tercantum disana cukup banyak dan beragam meskipun terbatas pada buku-buku komputer. Buku komputer disediakan mulai dari programming sampai design, dan mulai Idiot Guide sampai Advanced, yang di terbitkan oleh penerbit-penerbit terkenal dunia seperti Prentice Hall, Sybex, Addison Wesley, Sams, Wrox dan berbagai penerbit terkenal lainnya.


Hal ini cukup menyenangkan bagi saya, apalagi kalau kita melihat buku-buku terbitan Indonesia sering tidak sesuai dengan yang kita bayangkan.


Biasanya, e-book itu di bundel dalam bentuk file PDF, dan CHM. Namun beberapa ada yang berbentuk kumpulan file html. Format yang paling saya sukai adalah CHM karena satu file, terindex, dan cukup ringan untuk dijalankan. Karena itu saya terpaksa menyediakan pembaca CHM (xCHM) di Linux. Tapi kalau anda mendapatkan format PDF maka anda akan mendapatkan layout yang sama persis dengan buku versi cetaknya, meskipun untuk beberapa buku yang mencapai ukuran 20 MB cukup berat untuk saya jalankan di komputer saya yang bermemori 113 MB itu. Sedangkan format e-book yang paling tidak saya sukai adalah HTML, karena bentuknya yang terdiri dari banyak file dan gambar. Tidak praktis dan sulit di manajemen.


File-file diatas biasanya dikompres dalam bentuk zip atau rar. Tetapi pada beberapa file yang didistribusikan, file di pecah-pecah dalam ukuran disket dan di rar. Dengan bantuan winrar anda bisa melakukan penggabungan dan pengekstrakan.


Beredarnya e-book di internet ini bagi saya sangat bermanfaat. Pertama, e-book bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk memutuskan membeli buku aslinya ataukah tidak. Perlu kita ingat bahwa membaca buku di komputer tidak bisa bertahan lama, sehingga buku kertas lebih saya sukai. Tapi untuk referensi orang yang sedang menulis program, buku elektronik lebih mudah digunakan karena sifatnya yang mudah disearch


Kedua, bagi orang berkantung tipis seperti saya, e-book bisa dijadikan alternatif untuk menambah wawasan, meskipun membacanya harus di depan komputer yang cukup melelahkan. Toh biasanya tidak semua topik yang ada dalam buku yang kita butuhkan.


Saya pernah membeli buku Profesional ASP dari Wrox. Beli yang versi Bandung dihargai Rp. 75.000,-. Kalau saya cek harga aslinya di internet sekitar $40 US. Tetapi ternyata versi e-booknya beredar di situs ini. Sekarang buku yang sangat tebal ini cukup menyusahkan saya karena berat, memakan tempat, dan saya sudah jarang berinteraksi dengan ASP lagi.


Beberapa saat lalu, saya melihat promosi buku PHP 5 Power Programming yang diterbitkan Prentice Hall. Yang menarik adalah bahwa buku ini membahas PHP 5 yang belum terlalu lama keluar, sedangkan yang istimewa karena buku ini ditulis salah satunya oleh Andi Gutmans, seorang yang mempunyai kontribusi dalam penulisan parser PHP. Alhamdulillah, sekarang sayapun mendapatkannya, meskipun sekedar e-booknya. Paling tidak saya bisa menikmati trik yang ada di dalamnya.


Jika anda berminat untuk berbuku e-book bidang komputer, silahkan mencarinya di flazx.com. Dan jika anda mempunyai alamat distributor e-book yang lain, akan sangat saya hargai jika anda memberitahu saya.

30 komentar:

  1. Ya, bener mas. Td sy juga sempet mampir ke sana. Info bukunya lumayan komplet. Tapi memang kebanyakan tentang IT

    Makasih infonya :P

    BalasHapus
  2. thx nich mas :) dulu biasanya saya ngambil di yaxoo.com cman sekarang kayaknya udah gak bisa lagi.

    btw bagus gak PHP 5 Power Programming nya, mesti download nich :D

    BalasHapus
  3. coba buka jg ah.... Eh mas ada yg baasa indonesia gak :D abis klo eggris akeh gak mudeng'e aku :)

    BalasHapus
  4. ntar cobain deh

    maturnuwun tautannya

    BalasHapus
  5. bukankah di internet ada 'segalanya'?
    selain buku pemajuan pengetahuan, ada juga pelanggaran hak cipta :D

    BalasHapus
  6. #2 Wah, bagus banget. Paling tidak pembahasan ttg fitur2 terbaru di PHP 5 cukup lengkap dan simple. Ada juga pembahasan ttg fork, SOAP dll. banyak juga buku2 ttg CSS yang bagus2.

    #3 Kalau bahasa Indonesia carinya ke ilmukomputer.com :D. Susahnya, orang indonesia kebanyakan kayak sampeyan seneng download tapi gak pernah upload. Kayak saya juga :D

    #4 Bahkan ada buku pemunduran pengetahuan. Saya tidak tahu pasti, bagaimana lisensinya. Dan tidak tahu juga apakah versi e-book yang diedarkan itu asli dari penerbit, atau pernuatan orang yg melanggar lisensi.

    Kalau mereka melakukan pelanggaran kok situs2 seperti itu tidak (belum ?) digugat seperti napster ?.

    BalasHapus
  7. Monggo ae cak ...
    Wah, sepurane, sing dhuwur kepencet, tp durung nulis :)

    BalasHapus
  8. Flazx.com memang OK Master.

    BalasHapus
  9. mas edy, sejak dapet info url dari mas, udah lebih dari 10 buku PHP, RSS saya download hehehe, nah khusus yang versi pdf pengen tak print ah biar bisa dijadiin bantal pas tidur hehehe abis tebel2 banget :)

    BalasHapus
  10. http://7622.com adalah tempat yang cukup bisa dipertimbangkan juga :)

    BalasHapus
  11. RECOMMENDED!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    hi guys
    u can try this link....4 advance ur knowledge....

    ftp://194.44.214.3/pib/ebooks/

    BalasHapus
  12. uphsssssss sorry...
    ftp://194.44.214.3/pub/ebooks/

    BalasHapus
  13. maaf teman2x....bukunya bahasa inggris..tapi kapan kita mulai belajar bahasa orang lain kalau kita tidak ingin mau di tipu....yg terpenting ada kemauan....dan kita tanpa sadari sudah memulainya dengan mengenal komputer yg berbahasa inggris....:)
    tapi ingat...ILMU TANPA IMAN ADALAH SOMBONG....DAN IMAN TANPA ILMU ADALAH KOSONG......

    BalasHapus
  14. caranya download gimana kang? ko' saya kesana ga bisa di download.

    BalasHapus
  15. FlazX hanyalah gateway untuk menuju ke tempat aslinya. Jika link anda ikuti nanti akan ketemu petunjuk url file yang harus di download. Biasanya ketemunya di rapidshare. Yah, sesuai judulnya : Berburu.

    BalasHapus
  16. bisa di download dalam bentuk zip.............tetapi pada saat buka file itu sepertinya ngak bisa mas......................,Trimakasih bayak atas infonya MAS....................

    BalasHapus
  17. Informasi e-book yg lain
    http://lab.lpicn.org/pub/books/?C=S;O=A

    BalasHapus
  18. Daftar buku bagus lain :
    http://www.ebookshare.net
    http://www.chmpdf.com/archives/ebooks/

    Disana, buku apa saja ada.

    BalasHapus
  19. GW MAHASISWA TINGKAT AKHIR LAGI CARI BUKU YANG BERHUBUNGAN DG SKRIPSI GW. SKRIPSI GW ITU ISINYA:
    "BAGAIMANA MENGKONEKSIKAN KOMPUTER DENGAN HANDPHONE SEHINGGA KALO GW SMS KE HP ITU MAKA OTOMATIS ADA BALASAN DARI YANG DATANYA ITU ADA DIKOMPUTER"
    PLEACE HELP ME!!!!!

    BalasHapus
  20. Salam,

    Sebelumnya Thnx atas info urlnya, saya coba download e-book yg kurang lebih judlnya object oriented with vb.net from novice to profesional, setelah download selesai, ketika saya akan extract file rarnya saya diminta password. Itu gimana Mas?, mungkin Mas tau passwordnya.

    BalasHapus
  21. #21 Biasanya diberitahukan sebelum link ke rapidshare. Saya nggak bisa bantu karena nggak tahu link ke buku itu, saya search nggak ketemu. Seandainya ada linknya ....

    BalasHapus
  22. Maaf Mas, ternyata saya yg kurang teliti. Setelah saya ikuti petunjuk Mas, n liat lagi di linknya, ternyata ada passwordnya :) linknya itu : http://www.programmerworld.net/dotnet/books.htm, Thnx Again. GBU.

    BalasHapus
  23. [...] Setelah dulu saya mengulas tentang berburu buku di flazx.com, maka kita lanjutkan untuk berburu buku di Ebooks Portal. Saya mendapatkan tautannya ketika melakukan pencarian link ebook pada del.icio . Saya menemukan tautan ke arah E-book Portal. Semenjak menemukan tautan ini, saya bahkan jarang mencari ebooks di Flazx. [...]

    BalasHapus
  24. Saya juga suka lihat e-book di Flazx.com

    Pagi ini iseng-iseng nge whois flazx.com. Ternyata yang punya orang Indonesia...hehehe.

    Tapi saya cukup salut dengan flazx.com. Karena interfacenya cukup canggih.

    Saya pernah nyoba buka flazx.com di Singapore, anehnya link untuk download bukunya hilang yang ada cuman review saja. Tapi pas balik ke Indonesia ternyata bisa.

    BalasHapus
  25. Hi, I found another site ;) try this one :
    http://www.itebookhome.com

    BalasHapus
  26. just try this one..
    http://boxvero.com

    BalasHapus
  27. mas..mau nanya portal download journal gratis dmana ya.

    BalasHapus
  28. tp dari e-book format pdf ingin di cetak sekarang tinggal fotocopy aja, satu lembar bolak balik 100. jadinya kita dapet bukunya hehee ...

    BalasHapus
  29. Itu bukan gratis mas, tapi bajakan, alias gak diridoi para penulisnya :))
    Tapi yah sudah lah, toh kita dah pake Windows bajakan juga kok, tanggung.. :D

    BalasHapus
  30. software utk memeriksa integritas/signature ebook? (memastikan bhw ebook yg diunduh dr flazx.com bebas dari modifikasi, fabrikasi, dsb ...)


    thnk's

    BalasHapus

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)