Jumat, 27 Mei 2005

Meraih Kebebasan Finansial

Apa yang anda bayangkan dengan judul tulisan saya hari ini ? Mungkin anda membayangkan, saya akan bergabung dengan MLM. Mengapa, karena biasanya orang-orang di MLM lah yang seringkali berkata,"Bergabunglah dengan kami, maka anda akan memperoleh kebebasan finansial". Tidak, dengan berbagai alasan saya tidak menyukai MLM.


Riuh - riuh tentang finansial, beberapa waktu yang lalu milis pemrograman PHP menjadi cukup serius membicarakan masalah ini. Berawal ketika seseorang mengirim email lowongan pekerjaan. mereka menginginkan seorang karyawan dengan spesifikasi bisa PHP, ASP, mySQL, Postgres, SQLServer, HTML, JavaScript, VB dan sebagainya. Tentu orang-orang di milis menjadi sedikit geram. Sebenarnya digaji berapa sih dia minta spesifikasi kayak gitu ? Diskusi akhirnya berlanjut ke persoalan pekerjaan apa yang paling enak. Ada yang bilang Freelance, kerjanya sedikit, dapetnya banyak (kalau pas dapet :)). Yang lain bilang, enakan jadi manager. Atau enakan jadi pemilik modal, orang lain yang kerja dia dapat untungnya. Dan diskusipun tidak kunjung usai.


Ditengah diskusi itu, Mas Huda Elmatsani memposting sebuah email yang menyentuh kesadaran saya. Ditulisnya,


Dengan kata lain, kalau masih membutuhkan gaji, anda masih di bawah kekuasaan orang lain.


Dengan kata lain, kalau masih disetir uang, anda masih menjadi budak uang. Selama anda menjadi budak uang, apa pun posisinya: programmer, bisnis owner, bisnismen, ataupun investor ... anda tak akan terbebas dari kebebasan finansial.


Kebebasan finansial adalah anda yakin bahwa Allah adalah khairurrooziqiien.... (Allah sebaik-baik pemberi rizqi).


Dan apa yang dikatakannya, sunggguh benar.


achedy

2 komentar:

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)