Senin, 02 November 2015

Hidup Positif dengan Menjalani Hobi Positif


Saya banyak berinteraksi dengan orang yang mempunyai hobi tertentu, dan saya merasakan ada sesuatu yang membuat hidupnya bergairah. Kalau saya mengatakan hobi, yang saya maksud adalah hobi positif loh ya. Bukan hobi minum alkhohol atau hobi mempermainkan cewek hehehe...

Mengarjakan hobi membuat kamu menjadi bahagia, sel tubuhmu tersenyum, motivasi dan produktivitasmu meningkat. Bahkan apabila hobimu bersinergi dengan pekerjaanmu, maka kamu akan menghasilkan pekerjaan dengan hasil yang sangat baik, bahkan kamu bisa lupa waktu dalam bekerja. Itu yang disebut kamu bekerja dengan passion.

Jangan anggap semua hobi adalah main-main. Beberapa orang mempunyai hobi melakukan pekerjaan yang sulit seperti programming, desain dan otomotif. Namun baginya mengerjakan pekerjaan seperti itu justru meningkatkan gairah hidupnya.

Beberapa lagi mempunyai hobi yang cukup menantang seperti naik gunung, paralayang dan sebagainya. Apapun itu, cari hobi yang paling sesuai denganmu, dan mempunyai manfaat lebih bagi kehidupanmu. Mungkin bisa menambah keuangan, kesehatan, wawasan dan sebagainya.

Berikut contoh beberapa hobi sederhana yang bisa kamu terapkan dalam kehidupanmu.

#1. Berkebun  
Hobi berkebun, selain bermanfaat bagi kebahagiaanmu juga bisa menyediakan konsumsi sayur atau buah buat keluarga. Rasanya sangat senang menikmati tumbuhan yang menghijau, apalagi makan sayur dari tanaman yang di tanam sendiri.

#2. Berolahraga
Hobi berolahraga bisa membuat ragamu sehat dan pikiranmu mengembang. Kamu tidak mudah stress dan terserang penyakit.

#3.  Membaca
Membuat wawasanmu berkembang, disamping kamu akan mendapatkan ide-ide brilian.

#4. Memasak
Hobi yang selain menghasilkan makanan enak, juga berpotensi bisa menjadi sumber penghasilan. Kamu juga akan disukai teman-temanmu wkwkwk...

#5. Main Musik
Musik juga diyakini sebagai salah satu cara untuk menaikkan happiness. Menikmati nada membuatmu merasa senang dan bahagia. Jika kamu lelah, bermain musik sebentar membuatmu bisa bergairah kembali.

Demikian beberapa hobi sederhana yang bisa kamu pertimbangkan untuk meningkatkan nilai positif dalam dirimu.

Diantara ketiganya saya menyukai olahraga dan membaca. Akhir-akhir ini saya tertarik dengan musik walaupun masih dalam taraf belajar.  Paling tidak sudah bisa membawakan lagu Kun Anta dengan Ukulele hehehehe...

Mungkin kamu punya hobi lain yang tak kalah menarik. Apapun itu kembangkan hobi yang bermanfaat bagi kehidupanmu :)

3 komentar:

  1. Betul, satu-satunya yang paling efektif untuk mencegah orang dari sakit adalah menyalurkan hobi agar pikiran fresh. Dengan hobi akan melibatkan banyak orang baik secara langsung atau tidak langsung.
    Kalau saya lebih suka hobi yang melibatkan/bertemu dengan banyak orang, karena di situ banyak canda tawanya.

    BalasHapus
  2. lima hobi di atas gue banget mas, terutama berkebun, hobi yg ini udah lama pengen digeluti lagi tapi waktunya yang sulit ketemu

    BalasHapus
  3. yoi bener banget..olahraga pastinya bikin hidup makin hidup..positif pula :-)

    BalasHapus

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)