Jumat, 21 Februari 2014

Mereka yang Ditolak

Segar dalam ingatan kita, bagaimana kemarin WhatsAPP dengan 450 juta pengguna itu dicaplok Facebook. Tidak tanggung-tanggung, senilai 209 Triliun rupiah.

Ada kisah-kisah yang menarik dibalik kisah sukses para pendiri startup tersebut. Brian Acton, sang founder, pernah ditolak Facebook saat melamar bekerja di perusahaan tersebut pada Agustus 2009 lalu. Katanya dalam Twitter

"Facebook menolak saya. Ini adalah kesempatan besar untuk berhubungan beberapa orang yang fantastis. Menanti untuk petualangan berikutnya dalam hidup," Acton pada 4 Agustus 2009.

Founder Whatsapp lainnya, Jan Koum mengalami nasib serupa. Imigran asal keluarga miskin Ukraina ini juga ditolak bekerja di Twitter pada saat yang sama. Bahkan, saat keduanya baru saja resign dari Yahoo dan ingin mencoba peruntungan di Google, keduanya mendapat penolakan serupa.  

Tapi saat ini mereka berdiri dengan tegak. Penolakan-penolakan yang dialaminya 5 tahun lalu ternyata jalan yang diberikan Tuhan bagi kesuksesannya.

Andy Rubin, pendiri Android, pada tahun 2004 pernah menawarkan Sistem Operasi Android ke Samsung. Bersama 7 orang rekannya, dia terbang ke Korea Selatan menemui para petinggi raksasa teknologi itu. Presentasi dihadapan 20 petinggi Samsung itu, berakhir tragis. Dia hanya jadi bahan tertawaan. Masih ingat dalam benak Samsung, sistem operasi yang dirintis bersama konsursium lain seperti intel tak membuat Tizen sukses. Sistem Operasi lain, Bada, juga berakhir tragis. Membuat Sistem Operasi bukan barang gampang.

Andy Rubin tak patah arang. Dia menawarkan diri ke Google, dan sejarah mencatat, Android menjadi Sistem Operasi terbesar yang digunakan Smartphone saat ini. 

Jadi jika hari ini anda di tolak, bisa jadi itu jalan Tuhan bagi kesuksesanmu.

#motivation #insight #it

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)