Selasa, 18 Februari 2014

Manfaat Berfikir Positif

Ada hubungan antara fikir dan raga. Sebagai contoh, jika kita marah, maka semua raga kita ikut marah. Mata melotot, muka cemberut, jantung berdegub lebih kencang. Demikian pula ketika kita dalam keadaan tenang, maka bibir selalu tersenyum, wajah cerah, dan jantung berdegub normal.

Cara pandang positif terbukti sangat berkaitan dengan kesehatan. Tubuh kita memproduksi zat yang sangat berpengaruh pada kesehatan yang disebut Hormon.  Hormon terpenting yang terkait dengan cara pandang adalah beta-endorphin dan neo-adreanalin. Hormon merupakan zat yang dihasilkan untuk menyampaikan pesan dari otak sampai sel, sehingga sel melakukan sesuatu. Beta Endorphin akan keluar disaat kita merasa bahagia dan berprasangka baik, dan Neo Adenalin akan diproduksi ketika kita merasa cemas dan takut dan berprasangka buruk.

Beta Endorphin mempunyai pengaruh memperkuat daya tahan tubuh, dan peremajaan sel. Sedangkan Neo Adrenalin yang berlebih akibat stress akan mendorong terbentuknya radikal bebas yang akan merusak sel dan mempercepat penuaan.

Seperti dalam penduan agama. Dalam hidup ini, pasti akan ada dua kejadian, baik dan buruk. Namun agama menuntun kita untuk berfikir positif (husnusdzon), kepada manusia, dan kepada Tuhan.

#healthy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)