Selasa, 15 November 2011

Pemrograman Sederhana Lebih 'Robust' ?

Seorang teman memindahkan skrip PHP yang saya tulis menggunakan PHP dengan framework Code Ingniter ke server baru. Namun yang dia dapati hanyalah sebuah halaman kosong. Karena bingung, kemudian dia menghubungi saya untuk menanganinya.

Setelah saya periksa, program yang error itu dulu saya tulis menggunakan Code Igniter 1.6.3 yang ketika diletakkan ke webserver dengan PHP 5.3.6, menjadi tidak kompatibel, dan error. Dengan melakukan pengaturan pada display error, didapatkan beberapa error seperti ini :

Message: Function set_magic_quotes_runtime() is deprecated
Filename: codeigniter/CodeIgniter.php

Message: Assigning the return value of new by reference is deprecated
Filename: libraries/Loader.php

Message: Assigning the return value of new by reference is deprecated
Filename: database/DB.php

Masalah kemudian selesai setelah saya mengupgrade Framework ke versi 1.7.3. Mau saya upgrade ke versi 2 takut tidak kompatibel karena susunan direktorinya sudah berbeda.

Framework populer seperti ini memang cenderung memanfaatkan banyak fungsi PHP yang 'tidak dasar' untuk membuat pemrograman yang efisien dan optimal. Namun kelemahannya, fungsi-fungsi 'tidak dasar' itu pada versi berikutnya tidak di dukung lagi. Ketika PHP versi 5.3 ini di release dengan menghilangkan "return value of new by reference" dan "set_magic_quotes_runtime" cukup banyak situs-situs dengan engine Wordpress atau Joomla yang terkapar.

Namun teman saya tadi bilang bahwa program-program jadul saya justru lebih robush. Nggak rentan terhadap perubahan "politik" di hosting. Dipindah di server PHP versi apapun tak pernah error. Ya iyalah, program-program itu saya buat hanya menggunakan sintak-sintak dasar dan bisa dibilang tanpa framework.

Jadi apakah cara sederhana itu lebih robush ? Saya nggak komentar karena akan menimbulkan perdebatan. Semuanya tetap tergantung dari cara memandangnya.

6 komentar:

  1. Untuk hal sederhana, penggunaan framework memang akan overkill. Tapi saat aplikasi berkembang, atau ingin menmbangun aplikasi yang besar, maka framework akan mempermudah. Tentunya sebelum menggunakan framework, harus tahu apa aja kelebihan kekurangan framework itu, minimal masalah yang akan dihadapi di environment server yang akan digunakan beserta solusinya.

    BalasHapus
  2. jempol kang...

    BalasHapus
  3. Kang Donny memang Developer yang asli. Sayang blognya gak pernah diupdate hahaha..

    BalasHapus
  4. kang... judule robusH apa robusT .... ane khan katrok...cari robust apa maksudnya di kamus g ketemu tanya simbah ma aja...ketemunya robust ... :)

    BalasHapus
  5. Hmm Ngene iki akibate yen gak enthos istilah asing gawe istilah asing :D * Jadi Malu :) *

    BalasHapus
  6. sealiran kang
    :D

    less is more

    BalasHapus

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)