Senin, 11 Juli 2011

Tertarik Dengan Sistem Hemat Sumber Daya.

Kemarin seorang teman mengontak saya dan menanyakan apakah mempunyai program POS sederhana yang tak pakai mouse. Saya lalu terbayang dengan program yang digunakan oleh beberapa toko yang menggunakan layar hitam dengan teks yang tertata. Dalam batas tertentu, program2 yang ada sekarang dipandang sebagai program yang boros resources, padahal kebutuhannya tak tak sebesar itu.

Ambil contoh, program kasir toko yang dibangun dg .Net, harus menggunakan komputer spesifikasi tinggi dan SO Windows yang mendukung .Net. Dari sisi metode pemrograman lebih baik, namun dari sisi efisiensi ? Entah.

Malah kemudian saya merasa tertarik dengan cara lama, menggunakan DOS yang dengan disket saja jalan. POS dibuat menggunakan DOS + Foxpro / Clipper yang minim sumberdaya.

Terus terang, saya dulu dari desa yang baru mengenal komputer ketika kuliah, dan saat itu masa transisi DOS ke Windows 3.1 / 95. Jadi saya tidak menikmati masa-masa hiruk pikuk pemrograman pada platform DOS. Saat ini saya memang mendambakan sistem operasi dan pemrograman yang hemat sumberdaya untuk kebutuhan kecil seperti UKM. Linux Mini mungkin juga bisa jadi alternatif solusi, namun Foxpro / clippernya belum saya temukan.

Ada saran ?

Posted via email from achedy's posterous

7 komentar:

  1. Kalau ga salah ada aplikasi POS yang free kok, cari aja di sourceforge.

    Kalau saya sih kepikir bikin menggunakan OS linux, aplikasinya dibuat menggunakan Ruby on Rails atau Python, jalaninnya ya dari console text based. Database bisa pake sqlite, atau install mysql juga ga akan terlalu berat.

    Ide lebih ekstrim lagi adalah bikin POS di atas android. Database bisa disimpan di server dan di sync ke device. Jadi kasir scan langsung pakai android, total semua tampil di layar HP, untuk cetak receipt ya di push ke network-printer aja. atau ya total paperless. Cuma belum ada waktu untuk mengimplementasikan ide ini. Ada yang tertarik?

    BalasHapus
  2. Saya juga kepikiran begitu, kalau device bisa dibuat portable kayak android, lebih mantap bang. Ini sy juga masih cari2 yang paling memungkinkan. Nanti kalau ada info share gan :)

    BalasHapus
  3. Mo tanya sedikit : Phyton bisa jalan di DOS kang ?

    BalasHapus
  4. berbasis web khan juga minim resource kang
    php + mysql

    BalasHapus
  5. Yen gawe PHP yang versi CLI gak ngerti cara passing variabelnya dan membuat formnya :)

    BalasHapus
  6. jadi inget, dulu pas kenal programming, pas kursus komputer, di kasihnya yah clipper, ngetiknya di sidekick, database dbaseIII+, saya file clipper dan programnya di simpan di disket yang sudah tidak bisa di baca lagi (sedih, walaupun hardcopy hasil prakteknya masih nyimpen).

    BalasHapus
  7. Wah ga tahu juga. Klo buat windows sih ada. Daripada DOS, mending pakai linux aja, banyak varian yang hemat sumberdaya tapi lebih powerful ketimbang DOS

    BalasHapus

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)