Jumat, 15 April 2011

Pelatihan Komputer Jaman Sekarang

Kemarin saya berkesempatan memberikan pelatihan jQuery kepada teman-teman Kominfo Propinsi Jawa Timur. Kalau saya amati, ada yang menarik pada pelatihan setahun terakhir dibadingkan tahun 2002 lalu. Tentu saja, karena 2002 sudah hampir satu dasawarsa.

Saya memberi pelatihan pertama kali tahun 2002. Saya ingat pelatihan dilakukan di ruang komputer. Personal Komputer dengan ukuran besar, monitor tabung sebesar pesawat televisi, dan segala sesuatu yang menghubungkan CPU dengan berbagai piranti lain dihubungkan dengan kabel. Kita pasti sudah bisa membayangkan.

Namun pelatihan kemarin lain. Tempatnya di Rumah Makan, semua peserta saya minta membawa laptop. Saya memang tak sempat berfikir soal jaringan yang menghubungkan antar laptop karena saya berbaik sangka bahwa ada wifi disana sehingga bisa juga untuk jaringan lokal. Eh, ternyata perkiraan saya meleset. Sinyal Wifi tak sampai di ruang pelatuhan yang letaknya di belakang. Namun nasib saya memang lagi baik, seorang peserta membawa Modem GSM 3G Router. Ukurannya sebesar hardisk eksternal dengan sedikit lebih tebal. Dengan bantuan perangkat ini masing-masing komputer bisa terkoneksi via wifi. Penggunaannyapun terlihat sangat gampang, tinggal di sambungkan dengan listrik, jalan. Kelihatannya habis ini pengin beli untuk pelatihan-pelatihan yang akan datang.

Pelatihan komputer jaman sekarang, lebih praktis :)

-------
* sumber gambar : http://rajamodem.com

4 komentar:

  1. salam kenal cak Edy

    Dari cerita di atas saya dapat melihat perbedaan yang sangat mencolok sekali pada peranti gadget yang di pakai seiring berputarnya waktu perlengkapan gadget pun mengalami perubahan sesuai dengan perkembangan dan tututan zaman. ya sudah pasti perubahan pada alat elektronik masa kini teknologi yg di gunakan semakin canggih dan sekaligus sangat membantu dalam menyelesaikan pekerjaan...

    Di tunggu kunjungan baliknya teman...jangan lupa komentarnya ...terimakasih

    BalasHapus
  2. Memang demikian mas lili, jangan-jangan dua tahun kedepan kita cuma bawa tablet ketika pelatihan hehehe. BTW situsnya kok gak ada isinya ?

    BalasHapus
  3. wah cerita yang menarik kang bro...
    BTW mahal nggak ya?

    terus jalan pelatihannya gimana?
    kok jquery? apa peserta nggak nanya2 HTML itu apa?

    dipersori kalo under estimate sdm pns di situ hehehe

    BalasHapus
  4. Biayanya nggak mahal kang jika dibandingkan dg insight yg didapat 12 orang selama 2 hari.

    Pelatihannya biasa saja, presentasi, latihan, pembahasan. Sebenarnya mintanya pelatihan Ajax, namun Ajax tanpa JQuery rasanya lbh sulit utk diterangkan dlm waktu singkat, akhirnya dipilih jQuery - Ajax.

    Syarat peserta memang sudah saya tetapkan seperti :
    1. Mengerti dasar2 HTML
    2. engerti dasar2 CSS
    3. Mengarti dasar2 PHP

    BalasHapus

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)