Senin, 24 Januari 2011

Mengapa Situs Oparator Telekomunikasi Tidak Ramah Perambah Mobile ?

Saya adalah pengguna kelas berat internet mobile. Kepraktisan dan harga tak bisa tergantikan dengan internet desktop. Itu sebabnya saya tak berminat berlangganan internet kabel di rumah. Untuk sementara ini internet mobile sudah cukup mengcover kebutuhan saya. Jika ada kebutuhan lebih, cukup ke warnet dekat rumah, tak perlu berlangganan.

Beberapa situs yang sering saya akses adalah situs operator telekomunikasi. Berbagai iklan dari operator yang sering menyembunyikan informasi - tanda * kecil bertulis syarat dan ketentuan berlaku - biasanya di jelaskan di situsnya. Namun yang mengecewakan hampir semua situs telko tidak ramah diakses melalui perambah mobile. Selain gambar dengan bitesize yang besar, juga menu dropdown dan flash yang tidak bisa berjalan di perambah mobile , sangat menyulitkan pengguna.

Saya tak paham, ini karena ketaktahuan atau soal kebijakan ? Padahal kalau kita logika, pengakses internet via operator, terbesar ya menggunakan perambah mobile.

Sekarang, yang saya tahu penyedia web versi mobile baru telkomsel (http://telkomsel.co.id/mobile) , itupun saya tahu secara tak sengaja, karena jika kita browsing menggunakan Opera Mini, telkomsel tak langsung menampilkan versi mobilenya secara otomatis.

Lalu mengapa operator seakan tak memperhatikan pengguna mobile ? Hmm, tanya saja ke divisi konten provider yang bersangkutan, meneketehe :D

2 komentar:

  1. saya tambahi, tsel flash juga, hehehe

    BalasHapus
  2. hahaha .. kayaknya telkom sel/flash sudah menyadari mas, tinggal yg lainnya :D

    BalasHapus

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)