Selasa, 23 November 2010

Mendaftar Email Ternyata Sulit

Baru saja saya selesai mentraining guru-guru SD. Semula materinya adalah menggunakan email sebagai alat kolaborasi bagi mereka, namun akhirnya berubah.

Dugaan saya meleset. Banyak diantaranya, terutama guru-guru yang sudah sepuh, belum mempunyai alamat email. Akhirnya kita turunkan standartnya, dari melakukan kolaborasi menjadi cukup mengerti mendaftar dan mengirim email saja.

Mendaftar email bagi mereka ternyata tidak mudah, perlu mengisi banyak field yang menurut mereka tidak mudah, baik YahooMail maupun Gmail. 2 jam tidak cukup buat membimbing mereka bagaimana cara membuat email.

Coba lihat betapa banyaknya field yang harus diisi ...

Rumit : Formulir Pendaftarran YahooMail Indonesia

Atau, lihatlah formulir pendaftaran Gmail ini ...

Rumit : Formulir Pendaftaran Gmail

Sebenarnya cara mendaftar layanan ini bisa disingkat dengan beberapa field yang penting saja seperti nama, username, dan password saja. Soal kelengkapannya bisa diselesaikan nanti.

Coba bandingkan dengan ketika kita mendaftar blog di wordpress.com ,

Mudah : Mendaftar Blog di Wordpress

atau mendaftar twitter,

Mudah : Mendaftar Twitter

atau yang lebih gila lagi facebook yang halaman utamanya saja formulir pendaftaran.

Mudah : Mendaftar Facebook

Sehingga jangan heran kalau diantara mereka ada yang punya akun facebook, tapi lupa dengan akun email mereka. Mereka lupa apakah dulu mendaftar dengan menggunakan email atau tidak :D

Mudah-mudahan ini menjadi pelajaran bagi penyedia layanan email.

2 komentar:

  1. Saya pikir wajar jika form pendaftaran email lebih banyak isian fieldnya ketimbang mendaftar ke layanan seperti wordpress, twitter, facebook. Jika pengguna layanan lupa passwordnya, atau ada indikasi accountnya dibajak, maka recovery bisa dilakukan dengan mengirimkan url untuk reset password ke email yang digunakan saat registrasi.

    Lain halnya jika lupa password email, atau account email dibajak, sedangkan email tersebut merupakan email utama yang sudah banyak dikenal atau ada email penting di dalam inbox. Semua isian saat registrasi akan terasa manfaatnya saat meminta penyedia layanan email mereset password email tersebut dan mengirimnya ke alamat email kita yang lain.

    BalasHapus
  2. @donnyreza Atau mungkin tampilannya yg kurang indah atau user friendly ya ?

    Ngomong-ngomong tapi saya malah sudah lupa dg pengingat2 itu. Apa yg dulu saya tanyakan dan apa jawabnya hehehe ....

    BalasHapus

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)