Minggu, 24 Oktober 2010

Inovasi di antara Inovasi

Selama masih ada orang menggunakan otaknya, inovasi tak mungkin mati. Mengamati perkembangan gadget dengan perang inovasinya, melahirkan catatan penting : selalu ada peluang menciptakan produk baru diantara produk yang sudah mapan.

Laptop sudah lama muncul dengan layar 14" atau 15", dan untuk mengisi kebutuhan laptop yang portable muncul EEEPC 7". EEEPC dalam perkembangannya dianggap terlalu kecil sehingga Netbook 10" disambut dengan baik oleh konsumen. Dan nampaknya netbook 10" adalah bentuk terbaik dari netbook.

Meskipun inovasi netbook sudah stabil pada ukuran 10", masih ada peluang menciptakan produk yang lebih ringkas, hingga muncullah Ipad 10". Munculnya Ipad 10" menciptakan kebutuhan lagi, hingga muncul Samsung Galaxy Tab 7", bagi yang merasa Ipad terlalu besar dan smartphone terlalu kecil.

Dunia blogging juga demikian. Muncul tren-tren baru yang sering tak terfikirkan sebelumnya. Dulu, sebuah posting dibuat dengan ribuan kata. Kemudian ngeblog dianggap kurang praktis dan menghabiskan waktu, sehingga munculnya mikroblog Twitter yang hanya 140 karakter dianggap memberikan saluran tepat. Inovasi tak berhenti disini. Banyak yang menganggap 140 karakter terlalu membatasi orang untuk menyampaikan gagasannya, sehingga boleh jadi blog ringkas yang sering saya sebut miniblog akan mengisi kekosongan ini.

Beberapa waktu ini, Raja Blogger Indonesia, Paman Tyo mendeklarasikan kopi69 . Blog ringkas dengan posting yang tak lebih dari 69 kata. Cocok untuk dibuat dan dibaca melalui perangkat henpon. Pilihan tepat bagi blogger yang tak punya banyak waktu, dan tak ingin banyak pikir :)

Soal mengapa harus 69 kata ? Hanya Paman Tyo yang tau, saya tak berani menafsirkannya.

Bisa jadi sebentar lagi blog jenis ini akan menjadi tren baru dunia blogging. Siapa tahu ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)