Selasa, 31 Agustus 2010

Wordpress.com VS Layanan Wordpress Lokal

Kemarin membuat situs blog di wordpress.com untuk sebuah tema tertentu. Nama besar dan besarnya kapasitas penyimpanan menjadi pertimbangan saya. Namun begitu saya ingin emmasang shoutbox, eh, ternyata tidak bisa karena tidak mendukung javascript; mau menggunakan alternatif iframe eh nggak didukung juga.

Jika kita ingin bisa menjalankan javascript atau iframe, ternyata penyedia layanan dalam negri malah mendukung. Blogdetik.com dan dagdigdug.com mendukung penggunaan javascript. Hanya saja untuk penyimpanan gambar, ruang yang disediakan layanan wordpress lokal jauh lebih kecil daripada wordpress.com.

Tapi kalau ngotot ingin yang support javascript, dan ruang penyimpanan yang lega, blogspot.com bisa jadi pilihan. Bahkan bukan hanya bisa mengedit javascript, namun juga CSS pada desain situs. Tetapi bagi yang terbiasa menggunakan mesin wordpress, menggunakan blogspot mengkin agak sedikit kerepotan.

Apapun, semua pilihan akhirnya kembali kepada pengguna.

1 komentar:

  1. Saya dulu sempat bingung dengan pilihan-pilihan ini, tapi akhirnya memilih wordpress.com daripada blogspot karena kemudahan dalam berkomentar. Untuk blog lokal, belum pernah saya coba.
    Salam kenal mas :)

    BalasHapus

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)