Sabtu, 21 Agustus 2010

Tarawih dan Kantuk

Dalam sepuluh hari Ramadhan ini saya melakukan tarawih di dua masjid. Saya paham, bahwa jika kita makan terlalu kenyang efeknya kita akan mengantuk saat tarawih, karena itu biasanya saya akan menghentikan makan sebelum kenyang. Kenyataanya, saya masih sering mengantuk ketika sholat di masjid UPB, namun dengan keadaan yang sama, saya tidak mengantuk ketika tarawih di masjid ITS.

Makan terlalu kenyang memang menjadi faktor penyebab mengantuk, namun ada faktor lain yang menurutku tak kalah pengaruhnya.

Pertama, bangunan masjid. Sirkulasi udara yang bagus, pencahayaan yang terang, serta akustik yang bagus akan mencegah bangkitnya rasa kantuk. Ini yang paling membedakan Masjid UPB dan Masjid ITS.

Kedua bacaan imam sholat. Ada gaya bacaan dengan lagu yang melankolis, dan ada bacaan dengan tempo yang agak cepat. Yang melankolis akan lebih cepat membuat kita mengantuk.

Menurutmu ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)