Senin, 10 Mei 2010

Pengalaman dengan Paket Smart Haier C700

Tak banyak orang membuat catatan (review) seputar berbagai produk yang telah dibelinya, sehingga terkadang sulit untuk membuat pertimbangan apakah produk ini sesuai dengan kebutuhan kita atau tidak.

Sebagai seorang dengan modal cekak, maka promo Smart yang dibundling dengan Haier menjadi pilihan yang pastinya hemat. Dengan modal 399 ribu, yang di konter dijual 410 ribu, maka kita bisa mendapatkan HP modem plus internetan gratis selama 100 hari. Promonya bisa anda lihat disini.

Promo Smart-Haier

- Layar warna 65.000
- CDMA 1x Modem (download maks speed 153 Kbps)
- WAP 2.0
- Opera Mini
- Brew 3.1.5
- Slot Micro SD
- Mp3 Player

Semuanya sudah sesuai dengan promonya, hanya yang saya kurang paham adalah sebutan HaPe 3G Modem. Apa maksud dari HePe 3G ? Apakah CDMA 1x Modem itu sama dengan HaPe 3G ?

Saya juga tidak mendapatkan janji smart terkait dengan kecepatan yang ditawarkan pada paket Haier C700 - gratis 100 hari ini.

Tinjauan HaPe

Dari berbagai gambar Haier C700 yang ada di internet, berikut ini gambar yang sesuai dengan HP yang saya beli kemarin :

Haier C700

Ini adalah gambar fisik HP yang saya ambil gambarnya pagi tadi dengan Kamera HP Samsung Z170 (maaf gambarnya agak buram lha wong pencahayaannya kurang :) ).

Haier C700

Tampilannya terlihat cukup keren dan ringan. Keypadnya terasa empuk. Kelemahannya ada pada tombol penunjuknya. Dengan ukuran yang kecil dan tombol tengahnya hampir rata dengan tombol sampingnya, maka kita sering memencet tombol samping ketika kita ingin memencet tombol tengah (OK).

Tombol penunjuk arah yang kurang nyaman

Pada bagian bawah ada colokan ke mini USB. Ujungnya adalah konektor USB yang bisa kita tancapkan pada komputer maupun charger baterai.

Firmware

Fasilitas yang ada di HP sama saja dengan HP lainnya, yang membedakan adalah dibenamkannya Opera Mini 4 pada HP ini, sehingga lebih nyaman untuk kita gunakan browsing di HP. Namun dengan layar kecil dan kedalaman warnanya, maka anda jangan terlampau berharap akan tampilan huruf dan gambar yang sangat halus. Cukup untuk mengakses internet dengan baik saja sudah cukup. Namun sampai saat ini saya belum menemukan cara memasukkan simbol ke text opera mini, sehingga kemarin saya terpaksa mengubah password twitter saya untuk bisa menggunakannya.

Menu lainnya adalah Brew. Anda bisa membeli aplikasi lewat menu ini. Secara native sudah tersedia opera mini disana. Saya mencoba menggunakan menu ini untuk melihat aplikasi-aplikasi yang ditawarkan namun tidak berhasil.

Internet

Instalasi driver untuk windows XP berjalan dengan mulus. Tak ada hambatan yang berarti. Demikian juga untuk melakukan koneksi, mencoba beberapa kali saya belum pernah gagal. Namun soal kecepatan tak banyak yang bisa diharapkan. Berdasarkan pengalaman saya, setelah selesai melakukan instalasi, internet cukup lancar digunakan (lancar tidak sama dengan cepat). Kemudian sejak jam 17 sampai jam 20 hanya bisa saya akses menggunakan HP, kemudian saya tidak mendapatkan koneksi apapun.

Pagi ini sehabis subuh saya coba lagi dan bisa digunakan untuk masuk ke spanelnya masterweb dan membuka phpMyadmin, serta mengedit file via FTP.

Pada ujicoba sehabis subuh maka kecepatan modem tak pernah menyentuh 1 KB/s meskipun maksimum download menunjuk ke angka 7.4 KB/s seperti ditunjukkan pada gambar di bawah :

modem.jpg

Kesimpulan

Sebelumnya, saya pernah mencoba paket Smart-Haier HP Haier D1200P milik teman. Untuk masalah hardware HP, type ini jauh lebih baik. Sebelumnya banyak orang kesulitan browsing lewat browsernya HP Haier D1200P, selain itu koneksi dengan komputer kadang mengalami kegagalan dan harus merestart HP. Namun untuk Haier C700 ini saya tidak mengalami masalah apapun.

Haier D1200P

Hanya saja untuk masalah kecepatan dan ketersambungan dengan internet saya kira masih sama, sangat lambat. Sekedar untuk paket internet gratis selama 100 hari dan HP, dengan harga sekian saya kira kita tak bisa menaruh harapan terlalu tinggi. Untuk keperluan yang lebih, mungkin anda bisa mencoba paket EVDO dengan harga yang lebih tentunya. Tetapi untuk yang ini saya belum pernah mencobanya. Pepatah "ana rego ana rupa" nampaknya juga berlaku untuk hal ini.

Anda punya pengalaman lain ?

/* Posting ini berisi catatan paket, saat anda membacanya belum tentu sesuai dengan keadaan saat paket ini di review. Perhatikan tanggal reviewnya. Saya hanya menceritakan pengalaman pribadi yang saya alami dan belum tentu sama dengan pengalaman orang lain pada waktu dan tempat yang berbeda terutama tentang koneksi internetnya */

9 komentar:

  1. Promo HP 3G itu yang rada aneh, padahal istilah 3G adanya di GSM. Saya pernah dipinjemi Modem Evdo (Smart Jump) dari pihak Smart untuk diuji. Waktu saya uji kecepatannya dahsyat 1.5 Mbps(Bogor). Nonton video di youtube lancar tanpa putus2.

    Kalo saya mah lebih suka speedy :D

    BalasHapus
  2. Sehari kemarin koneksinya memang mengecewakan, padahal kita gak menuntut cepat hanya stabil saja. Kita juga sadar dg harga segitu :D. Kemarin siang juga tanya ke rekan kantor yang pakai EVDO apakah cepat, katanya nggak. Kalau saat uji joba cepat itu sudah biasa bos, soalnya yg pakai juga baru segelintir orang.

    Tapi kemarin pernah juga membandingkan dengan internet starone paket unlimited, Jauh bos. starone lebih cepat dan stabil di Surabaya. Nyesel juga kenapa kemarin gak beli modem CDMA saja. Terbujuk promo sih :D.

    Kalau speedy gak ada bandingannya bos. Cuma telp rumah dah dicabut lama sama pemilik kontrakan. Gak ada gunanya katanya :D

    BalasHapus
  3. Eh, tapi tadi pagi cukup stabil. Apa gara2 habis gw marahin :D

    BalasHapus
  4. Siang mati nggak akses google aja nggak bisa, Cih !

    BalasHapus
  5. HP nya memang sudah 3G cak, cuma dibundelnya hanya dengan paket reguler, untuk dapat akses 3G nya syaratnya langganan Paket Silver atau Gold, itu juga tempat cak edy harus tercover layanan 3G nya Smart

    BalasHapus
  6. [...] Smart Haier C75 : Paket internet unlimited, namun di Surabaya paket ini lebih sering tidak bisa dipakai. Barang ini sekarang saya jual ke rekan saya di Malang. Katanya di Malang koneksinya lebih baik. [...]

    BalasHapus
  7. smart emang trknal lelet gan.....ono rego ono rupa.... capek deh gue dngan smart c700 q yng lelet abiez

    BalasHapus
  8. Sekarang sudah saya jual mas, mayan laku 200 ribu, daripada stress :). Kapok gw sama Smart...

    BalasHapus
  9. Caru penggunaan brewnya masih belum tau...

    BalasHapus

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)