Jumat, 07 Mei 2010

Meminimaliskan Desain Obrolan Cak Edy

Setelah saya menulis Gaya Hidup Minimalis di blog ini, nampaknya saya merasa blog ini jadi kurang minimalis. Sebenarnya secara desain memang sudah minimalis, karena desain dasar blog ini menggunakan Grid Focus yang terkenal karena minimalisnya itu. Namun menurut penilaian saya, desain Grid Focus kurang menonjolkan main content sebagai bagian utama blog.

Pada desain sebelumnya sebenarnya saya sudah melakukan pelebaran bagian main content, namun banyaknya widget yang saya pasang membuat situs terlihat sangat riuh rendah.

Hari ini saya melakukan redesign sederhana dengan menghilangkan 1 sidebar. Dengan demikian blog ini hanya terdiri dari header, main content, sidebar, dan footer. Saya juga banyak mengurangi widget-widget yang saya anggap kurang perlu sehingga bisa tertampung dalam satu sidebar.

Beberapa perubahan yang saya lakukan agar tampilan blog lebih terkesan sederhana adalah :

  1. Membuang 1 sidebar yang dulu berada di bagian paling kanan
  2. Melebarkan main content dari 450px menjadi 550px. Dengan demikian gambar 500px yang kadang diposting melalui Posterous bisa tampil dengan baik disini. Namun meski demikian untuk lebar blog secara keseluruhan menjadi lebih sempit yaitu dari 965px menjadi 830px.
  3. Untuk sementara menghilangkan banner atas agar blog terkesan lebih bersih.
  4. Menghilangkan widget Network, Tanggal Hari Ini, dan Tamu Terakhir.

Dengan demikian saya berharap bagian konten lebih menonjol dibanding sebelumnya, sehingga lebih nyaman dibaca.

4 komentar:

  1. Yang penting DVD ISlami gak diilangin :D

    BalasHapus
  2. Kalau yang itu ya jelas ndak tokh bos. Kalau diilangin kan berrati saya tidak menjalankan ajaran sampeyan :D

    BalasHapus
  3. Sayang kang, mas Aldo dah menghilangkan sistem resellernya mulai kemarin :(

    BalasHapus
  4. Iya bos, saya juga dapat email dari Mas Aldo. Sayang juga soalnya sdh jalan bagus. Kemarin itu dalam 2 minggu dari 5 order ada 2 yang sampai transaksi. Karena tidak ada info skema baru ya terpaksa iklannya gw turunin :D

    Sekarang mo beli paket reseler Granada saja.

    BalasHapus

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)