Kamis, 27 Mei 2010

Kantor Pos Online Yang Efisien itu

Modem 3G di Kantor Pos

Ruangan yang tidak besar, nampak dua orang pegawai melayani orang-orang yang berkepentingan dengan kantor pos. Mulai dari pengiriman surat, sampai pembayaran berbagai tagihan.

Jaman yang sudah berubah karena revolusi cara berkomunikasi menjadikan kantor pos harus menambah atau memodifikasi layanannya agar tetap eksis. Dari yang semula hanya sekedar mengantar surat dan paket, kini merambah ke pertukaran informasi yang efisien dengan kantor pos lain maupun dengan pihak kertiga yang memanfaatkan banyaknya cabang kantor pos yang tersebar di berbagai pelosok di seluruh Indonesia.

Untuk menjawab perkembangan itu maka muncullah Kantor Pos Online. Kantor Pos Online ini menerima berbagai macam pembayaran dari kartu kredit, pembayaran ke bank, tagihan listrik dan telephon, asuransi dan berbagai macam pembayaran lainnya.

Yang menarik perhatian saya cara komunikasi untuk berbagai transaksinya. Kantor pos kecil itu hanya menggunakan sebuah komputer yang diisi aplikasi pembayaran dan sebuah modem 3G merek AT&T. Teknik sederhana itu yang digunakan untuk menghubungkan kantor pos itu dengan internet. Kelihatan sederhana sekali, namun ini menurutku solusi murah, hebat, tepat dan hemat. Mereka bisa menentukan pilihan teknologi yang fokus pada solusi terbaik, bukan sekedar pemer kecanggihan.

2 komentar:

  1. ya bagus lah jadi bisa ngambil WU di pelosok desa.
    Tapi ya kudu sabar dengar "Maaf nunggu mas, masih loading...." :D

    BalasHapus
  2. Dewasa ini kantor Pos kok udah nga kayak kantor Pos lagi ya, Fungsinya jadi banyak dan tidak sesuai dengan namanya seperti yang abang bilang

    BalasHapus

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)