Kamis, 08 April 2010

Bangkitnya Konten Indonesia ?

Mungkin 10, 12 tahun yang lalu, kita menikmati masa-masa awal internet di Indonesia. Internet memang baru masuk ke kampus-kampus namun kemunculan penyedia konten saat itu cukup membuat peselancar internet bisa menikmati fasilitas baru itu. Penyedia konten professional yang diantaranya di sokong perusahaan besar. Katakanlah detik.com, satunet.com, astaga.com, kafegaul.com menjadi situs yang mengisi hari-hari peselancar waktu itu. Alat komunikasi interaktif populer yang waktu itu ada, e-mail, mendapat sokongan banyak provider yang memberikan akun gratis pula. Namun kemudian redup  dan satu persatu berguguran.

Tahun 2009  banyak pengguna internet melihat kebangkitan konten indonesia setelah sekitar 2005 - 2008 dihidup-hidupi oleh para blogger.  Perusahaan startup bermunculan. Entah itu atas kreatifitas mereka sendiri atau nebeng pada penyedia konten besar dengan menambahkan nilai pakai atas produk mereka.

Jika saya amati, start up Indonesia saat ini mempunyai beberapa kesamaan sifat :

  1. Muncul dari kreatifitas, dan bukan dari perusahaan besar. Bahkan sering dari perseorangan.
  2. Mengandalkan komunitas untuk menghidupi konten. Start Up yang mereka buat hanya aplikasi yang bertugas sebagai fasilitator saja.

Ya, mungkin ini terjadi akibat dari tabiat pengguna internet yang sering sulit diduga.  Sebuah startup yang semula tak serius menjadi populer dan berhasil, dan banyak start up serius dengan modal besar kemudian layu dan berguguran.

Kalau menurut anda sendiri ?

13 komentar:

  1. Assalamu 'alaikum. Saya mampir ke sini Cak. Kebetulan baca artikel ini dan nemu istilah baru yg belum saya tahu, yaitu perusahaan startup. Menurut cak Edy, definisi perusahaan startup itu apa? (bisa dijelasin dgn bahasa yg sederhana...) dan contohnya apa? Habis yg saya tahu, kalau startup itu pas nyalain komputer aja... hehehe. (berhubung saya blm tahu apa perusahaan startup itu, jadi pertanyaan "Kalau menurut Anda sendiri?" belum bisa dijawab. Terimakasih sebelumnya. Wassalamu'alaikum.

    BalasHapus
  2. @DP Budi S : Wah, sampeyan ini ada2 aja pak, namanya ini ngetes saya ha.. ha.. Nggak tahu menurut orang pinter tapi kalau menurut saya nggak jauh berbeda antara men start up perusahaan atau komputer. Makna start up adalah memulai. Ya macam-macam persepsinya. Kalau saya start up = perusahaan yg masih setahun atau yg belum mendatangkan untung :D

    BalasHapus
  3. apa startup harus menghasilkan?

    BalasHapus
  4. @gecko Kalau perusahaan ya harus menghasilkan, kalau mainan start up nggak harus menghasilkan :D

    BalasHapus
  5. @Achedy (2): Oh iya, saya lupa ga baca yg paling kanan atas, "obrolan tidak serius dari orang yang tidak penting" :D (pdhl saya serius lho ga ngerti... ) ooo pantes aja dikira ngetes, lha saya kelupaan juga buka link yg di atas.

    Startup = perusahaan yg baru mulai, sdg dlm pengembangan, blm genap setahun, keuntungannya masih blm signifikan ya..., berhubungan dgn perusahaan dot com yg sdh sukses, baik memanfaatkan hsl yg sdh ada atau membuat sesuatu yg baru yg mirip dgn perusahaan dot com yg sdh sukses. (gitu kali ya...?)

    Munculnya startup ini yg hrs kita banggakan, orng Indonesia memang kreatif². Kreatif dari segi namanya yg unik dan minimal menyamai konten yg sdh ada (bahkan mungkin membuat jd lbh baik dari konten yg ada). Kl menurut saya, komunitas memang mutlak dibutuhkan utk menghidupi startup. Pengguna komputer yg banyak ini, terdiri dari individu² yg mungkin punya kesamaan²tertentu sehingga membentuk komunitas. Bagaimana mau jadi startup yg populer dan besar, kalau gak diuji keunggulannya di bagian yg paling sederhana dari bagian populasi pengguna komputer yg besar ini (wuihhh... bahasanya :D)

    Kl menurut saya sih startup serius dgn modal kecil menjadi populer dan besar (menggabungkan lebih dari 1 nilai tambah).

    *aduh... jd terlalu serius nih! udah kaya' dosen ajahh* :)

    BalasHapus
  6. @DP Budi S : Wah sajaknya penjenengan ini bukan orang sembarangan. Saya mau berguru tapi tapi belum bisa melacak jejak panjenengan :)

    Sekarang ada lagi pasar yang ceruknya masih cukup lebar. Internet Mobile ...

    BalasHapus
  7. biar main-main ternyata startup ane nyumbang dolar via adsense

    BalasHapus
  8. @gecko wah berarti main main yang bukan main main ha.. ha.. ha..

    BalasHapus
  9. @Achedy (6): ... (ngikuti bbrp kalimat di depan) Wah, sajak e dalem meniko memang bukan orang sembarangan... he³, untung ndak dibaca, "memang bukan orang, sembarangan."

    Mau berguru? ah, ndak kebalik tho?... saya jg belajar dari situ kok, ya mari kita belajar bareng². Klu mau melacak jejak saya, ada tuh di atas (krn blm pny web resmi). Jejaknya masih sedikit, dgn user name yg ganti², sampai saya lupa komentar di situs yg satu pakai nama apa, di situs yg lain pakai nama apa... :D

    Ceruk? eh... ceruk itu appp... (mmm, mulai lagi deh...). O, yg kata orang Niche itu ya? Produk yg memfokuskan utk memuaskan pasar yg spesifik (mungkin kira² gitu, katanya Wiki). Internet mobile? sip, setuju... sekarang segala macem ada di internet. Mau baca koran, denger radio, lihat film, belanja², nyari buku, dll dsb sampai nyari bekas teman SD dulu pun, semua bisa lwt Internet. Kecendrungan orang utk bergerak dan mendapatkan informasi yg terbaru dan mudah membuat internet mobile semakin digandrungi.
    Kl lihat posternya di dailysocial, bikin senyum², ada² aja idenya, pinter banget nyari ceruknya. Mereka pny nilai tambah yg unik, ditambah lg pangsa pasar penggunanya yg bnyk, akan mjd faktor kali utk melipatgandakan keuntungan... krn bnyk yg pakai maka startup mjd populer dan besar... dan (baru dpt ide tambahan nih) supaya bisa tetap bertahan di tengah dinamika internet yang berubah-ubah dengan cara selalu evaluasi melihat ceruk yang ada.
    *ck ck ck... bahasane, serius banget....*

    Kabarnya sampean pny 3 gagasan di bidang bisnis online ya? mdh²an bisa diimplementasikan pd orng yg tepat, kl sama saya... he², podho² rek... ide² saya jg bnyk, ya idem jg.... nyari orng yg tepat blm ketemu/kesampaian.

    Yo wis, udah dulu ah, masa komentar panjang banget, ngalahin sama yg buat artikel... he²... inget dulu pernah komentar di salah satu blog sampai dibalesi oleh yg buat artikel, "mending nge-blog sendiri aja, komentar kok panjang buanget"

    *kata siapa saya jago nulis komen sepanjang ini scr langsung, lha wong kadang nulis 2 - 3 kata, saya tinggal dulu, nanti baru dilanjutkan 5menit 10 menit atau bahkan 1 jam kemudian, nunggu idenya keluar*

    BalasHapus
  10. yg tidak kalah penting, bgaimana pengembangan merek pershaan startup tsb, krn sering qta susah membedakan antara konten yg satu dg yg lain..

    BalasHapus
  11. yang paling penting adalah maintenance.
    Sering para starter lupa diri di kala startup mereka dah di puncak. Mereka terlena untuk membuat lebih wah dari yg sudah sukses.

    karena tangan kita cuman dua, palagi proyek sampingan.
    Sisakan sebagian kue pie buat orang lain deh, kasih ide-ide joss Anda ke teman dekat buat dikembangkan bersama.

    BalasHapus
  12. @DP BUDI S : Lah ini mana komennya mana artikelnya agak ranchu :D. Besuk aq buat judulnya aja nanti isinya sampeyan yang ngisi ha.. ha.. ha.. Bisnis konten memang dinamis bos.

    @yon : Berul betul betul.

    @gecko : Tapi kadang ada yg nggak pernah dimantenance terus tiba2 sadar loh kok besar, terus akhirnya di monetize : kayak kaskus.com :D

    BalasHapus
  13. berarti itu ajaib....


    jadi inget site saya yang direncanakan lama, SEOnya dibagusin, desainnya dikonsep sedemikian rupa
    eh ternyata eh ternyata
    malah kalah sama ide iseng yang dihosting di tempat gratis, domain gratis....

    faktor X ternyata juga berpengaruh...

    BalasHapus

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)