Kamis, 03 Desember 2009

Obrolan Tentang Koleksi Konten Islam Digital

Koleksi Ebook

Sudah sering saya singgung dalam posting di blog ini bahwa saya mengurangi porsi belanja buku. Sebabnya, kontrakan saya yang kecil ini dan buku telah memenuhi ruangan saya. Kedua, sejak internet hadir di tengah-tengah kita pada era pertengahan tahun 90 an, maka buku kertas sebagai sumber pengetahuan terpenting selama berabad-abad perlahan mulai tergantikan oleh konten digital.

Awal - awal saya kuliah di ITS, untuk mencari sumber informasi semuanya berfokus pada perpustakaan, namun sekarang era digital telah membuat revolusi cara orang untuk mendapatkan informasi. Cukup buka internet dan melalui mesin pencari, informasi apapun bisa kita cari petunjuknya. Banyak orang membagi pengetahuan dalam bentuk artikel, buku, video dan hal lain yang bisa kita dapatkan secara cuma-cuma.

Saya adalah salah seorang pengoleksi berbagai konten di internet baik yang berwujud artikel maupun buku elektronik. Bidang minat saya di Islam dan komputer membuat saya mempunyai 2 kategori besar ebook di hard disk saya. Namun sampai sampai sekarang saya hanya bisa mengoleksi ebook saja, baik yang berformat PDF maupun CHM. Konten dalam bentuk video dan audio saya abaikan dengan pertimbangan ukurannya yang besar dan waktu download yang lama. Saya tak mempunyai koneksi internet yang stabil untuk mengunduh berbagai konten besar.

Dalam beberawa waktu terakhir, saya mulai merasa kesulitan mendownload ebook karena saat ini kebanyakan ebook disimpan di tempat penyimpanan file seperti rapidshare dan ziddu yang tak mendukung resume download seandainya saat kita mendownload sebuah file terputus di tengah-tengah.

Koleksi Konten Islam Cara Gampang

Beberapa hari yang lalu mas Rinaldo Hasibuan memberikan informasi bahwa dia telah melakukan penelusuran di internet, mendownload dan membuat klasifikasi berdasarkan format dan kategorinya. Tak tanggung-tanggung, seluruhnya ada 4 DVD yang di kemas bagus dan diberi nama "DVD Kompilasi Islami Digital".

DVD 1 berisi kajian islam dalam format MP3 dengan jumlah 650 file.
DVD 2 berisi berbagai file Islami pendukung
DVD 3 berisi ebook islami
DVD 4 berisi kumpulan video islami

Beberapa ebook memang sama dengan beberapa koleksi saya karena sumber untuk mendapatkannya adalah internet, namun tetap tak sebanyak yang ada dalam DVD itu padahal saya telah mengumpulkannya bertahun-tahun.

Tidak gampang mengumpulkan konten islami di internet dan membuat klasifikasinya. Butuh waktu dan bandwidth internet yang tak sedikit. Dengan memanfaatkan fasilitas DVD ini anda akan mempunyai sebuah perpustakaan digital dengan biaya murah.

Jika anda ingin mendapatkannya, silahkan simak deskripsi detailnya dengan mengunjungi sendiri situsnya di http://www.sobatmuslim.com/

1 komentar:

  1. "Well , the coach outlet view of coach handbags the passage is totally correct ,your details is really reasonable and you guy give us valuable informative post, I totally agree the standpoint of upstairs. I often surfing on this forum when I m free and I find there are so much good information we can learn in this forum!
    ugg classic tall stripe cable knit boots

    BalasHapus

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)