Senin, 28 September 2009

Idul Fitri dan Kuliner Daerah - Pecel Nganjuk

Penjual Sego Pecel Pincuk Nganjuk

Selain silaturahim, sisi lain Idul Fitri adalah kuliner. Sembari mudik, sembari menikmati berbagai makanan khas daerah. Bagi pemudik jauh, maka di sepanjang perjalanan mereka mencari makanan khas di setiap daerah, namun bagi para pemudik dekat, mencari makanan khas daerah tujuan juga amat menarik.

Mencermati status rekan-rekan pemudik di facebook maupun twitter, maka kita tahu bahwa selain bersilaturahim mereka menyempatkan diri menkmati kuliner khas daerah.

Dalam perjalanan ke Trenggalek, saya tidak sempat mampir ke kota sehingga saya tak banyak menemui masakan khasnya. Saya hanya sampai di kecamatan kecil Durenan dan Watulimo yang tak terlalu banyak orang berjualan makanan, apalagi saat Hari Raya. Namun di Nganjuk, karena rumah mertua ada di kota, maka banyak objek kuliner khas yang bisa saya kunjungi.

Pecel Pincuk Nganjuk

Jika malam hari sepanjang jalan dari alun - alun keselatan banyak sekali penjual nasi pecel. Yang menjadi khas adalah tempat makannya yang di namakan pincuk, yang berupa daun pisang dibentuk kerucut. Selain itu disana ada komponen makanan yang dinamakan tumpang, berupa tempe hancur berkuah.

Uba Rampe lainnya berupa sate hati ampela, dan sate usus, dan sate telur puyuh.

SateTelur Puyuh

Sate Ati Ampela

Sate Usus

Technorati :

4 komentar:

  1. jika lewat tulungagung dan pingin mencicipi pecel yang enak,
    coba pecel samsat tulungagung..buka jam 5.30 jam 7 biasanya sudah habis dan sangat rame.

    BalasHapus
  2. @WADIYO : hi.. hi.. jam segitu ? Sampeyan rumahnya mana mas ?

    BalasHapus
  3. rasane pingin balik ke kampung kertosono kalau tengok makananya

    BalasHapus
  4. salam dari Warga Nganjuk yang berada di Tanjungpinang Kep.Riau
    untuk saudara2ku yang ada di Ngebrugan Kertosono Kab.Nganjuk

    BalasHapus

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)