Jumat, 29 Agustus 2008

Ngeblog Bersama Lembaga Pelatihan Se Sidoarjo

Kamis kemarin adalah hari yang cukup membahagiakan saya. Saya mendapatkan kehormatan untuk menjadi pembicara pada acara pelatihan bagi para owner atau manajer berbagai lembaga pendidikan dan kursus di Sidoarjo. Sesungguhnya materinya bukan hanya blog. Berbagai pembekalan dari dinas Koperasi dan Tenaga Kerja di berikan juga. Hanya saja materi tentang blog mendapat porsi cukup besar. Mulai pukul 10.30 sampai sekitar pukul 21 malam. Dalam pelatihan itu saya dibantu pak Iwan Yulianto karena waktunya yang cukup panjang.

Sesungguhnya ada beberapa materi yang semula akan saya berikan. Konsep dasar blog, membuat blog, teknik menulis blog (mereferensi pada materinya pak Jonru, "Aku Ngeblog Maka Aku Keren" yang disampaikan pada workshop IMB), juga pembuatan blog untuk situs perusahaan. Namun karena keterbatasan waktu, sumber daya dan prasarana, maka materi yang tersampaikan hanyalah konsep dasar blog serta teknik membuat blog.



Dalam pelatihan yang diadakan oleh Disnaker Sidoarjo di Royal Tretes View Pasuruan itu saya sengaja membawa sebuah server intranet yang saya install Wordpress MU di dalamnya, dan saya hubungkan dengan Wireles LAN agar bisa diakses peserta. Seandainya saya mengandalkan Hotspot Hotel, saya kira saya akan kecewa karena di ruang pelatihan sinyal yang diterima "senin kamis". Toh meski demikian pelatihan bisa diakhiri dengan membuat blog secara online di wordpress.com. Waktu sekian jam ternyata masih kurang juga, banyak hal yang belum tersampaikan. Namun saya hanya berpesan kepada mereka, yang penting mulailah ngeblog.  Nanti akan lancar sendiri.

Kepada rekan-rekan peserta, selamat datang di blogosphere, sebuah dunia dengan paradigma baru.

7 komentar:

  1. Selamat dan sukses.
    Semoga tujuan dari pelatihan ini benar-benar terwujud.
    Maaf, mungkin ini bukan komentar, legih tepatnya saya mohon bimbingan.
    Saya baru belajar membuat blog 1 mgu yang lalu dan masih banyak hal yang saya belum tahu. Untuk bisa meningkatkan kemampuan membuat blog yang baik saya harus bagaimana?
    Mohon saran dan terima kasih

    BalasHapus
  2. # FAUZAN
    Ngeblog itu kuncinya menulis mas. Itu saja.

    BalasHapus
  3. Pak, saya mau minta info tentang "Bagaimana menempelkan kode webtools seperti shoutbox atau clocks pada halaman blog wordpress atau menambahkan widgetnya", oh ya , saya Eka Ari Kusuma, peserta dari Lembaga Kursus "Executive Programs College Tulangan Sidoarjo" dan thks atas infonya.

    BalasHapus
  4. # EKA ARIE
    Untuk membuat clock atau shoutbox yang harus dilakukan adalah :
    1. Mendaftar di layanan clock / shoutbox yang ada di internet. Biasanya kalau ada situs yang ada gambar clock sama shoutbox biasanya ada link nya ke layanan itu. Klik saja.
    2. Nanti panjenengan akan dikasih skrip untuk dipasang.
    3. Masuk ke Tema >> Widget. Terus buat widget text.
    4. Masukkan skrip disana dan simpan.

    Itu saja pak caranya.

    BalasHapus
  5. Matur Nuwun Cak Edy atas tipsnya.

    BalasHapus
  6. Sy sudah coba, dengan mengcopy widgets counter dari bravenet, dan mengpaste di widget teks di blog saya , setelah disimpan , di blog tidak ada counternya , setelah saya kembali ke widget teks untuk saya edit ternyata isi HTML untuk menampilhan hit counter telah hilang , kenapa cak Edy ? Oh ya , ada yang tau , situs yang menyediakan widgets seperti clock , yang keren - keren, kasih info dong.thks

    BalasHapus
  7. #EKA
    Coba kirimkan skripnya pak, entar bisa saya coba. Kirim skripnya ke alamat email aja.

    BalasHapus

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)