Rabu, 07 Mei 2008

Windows Live Writer

Ciamik, begitulah kesan saat saya berhasil melakukan instalasi windows live writer. Tampilannnya sangat indah, dan editornya seakan menyatu dengan blog kita. Ya, karena saat kita membuat tulisan, maka layout dan typographi langsung tampil dalam editor, seakan-akan kita memang mengetik di halaman blog kita. Setting CSS dalam blog benar-benar ditarik oleh editor.



Ya, itu karena pada view pilihan web layout dipilih secara default. Setelah saya cek ternyata ada beberapa pilihan dalam menu. Normal, dimana yang tampil adalah wysywig editor dan HTML Code bagi yang suka memasukkan data pakai HTML. Saya sempat mengecek bagian ini, dan ternyata HTML yang dihasilkan dari editor sangat bersih (mungkin sudah w3c standart).

Ada lagi menu view >> web preview dimana kita bisa melihat tampilan posting kita di blog sebelum kita menekan tombol publish.

Dibandingkan blogdesk ?

Pertama, tidak sebagaimana blogdesk windows live writer harus diinstall secara online (atau saya yang nggak ngerti ?). Kedua,  windows live writer terasa lebih berat terutama saat pertama dibuka. Padahal saya sudah saya menggunakan Celeron 2GHz dengan memori 1 Giga.  Sehingga kalau komputer kita pas-pasan lebih baik anda menggunakan BlogDesk saja. Blogdesk sesungguhnya sudah sempurna, bagi yang mengutamakan fungsi. Namun bagi anda yang menyukai tampilan dan sistem preview yang sempurna, dan kecepatan komputer anda mendukung, mungkin Windows Live Writer adalah pilihan yang tepat.

Dua kali saya menggunakan Windows Live Writer untuk memposting blog. Termasuk posting ini.

7 komentar:

  1. Mas, itu jalannya dari XP atau vista?

    o ya requirementnya gimana? makksudnya hardwarenya?

    BalasHapus
  2. installny amasih Over The Air kang? online gitu? :(

    punyaku gagal terus karena ke blok ma proxy pabrik.

    BalasHapus
  3. Wah, layak dicoba nih. Walo kebayang beratnya. Ntar sy cari ah softwarenya. btw, salam kenal ya mas.

    BalasHapus
  4. #RAVEN
    Bisa dijalankan baik di windows XP maupun Vista asal telah terinstall framework dot net. Kalau dikomputermu belum ada cari di situsnya mikrosop gratis.

    Spek hardwarenya lihat disini

    #DEVIE
    Installnya memang harus online. Tapi kata mas Eko, jika telah terinstall hasil instalasinya tinggal kopi paste, sehingga nggak harus online. Coba baca dan download lewat sini

    # ADHI
    Cukup berat. memang jika spek komputer pas-pasan. Kalau spek tinggi apalagi kor tu duo mungkin ya cepat :)

    BalasHapus
  5. assalamu’alaikum… salam kenal. masih baru nih di dunia blogging :)

    BalasHapus
  6. Menurutku enakan Webloggar, sepintas tidak sebagus Blogdesk lebih2 live writer, ukuran zip-nya g sampai 2 Mb walaupun kalau di ekstrak bisa mencapai 5 Mb. Tetapi portable available, jadi tinggal extrak di flashdisk. Pertamanya gagal terus men-setting, ternyata alamat situsnya g usah pakai http:// sama pathnya langsung ditulis /xmlrpc.php.

    BalasHapus
  7. [...] Windows Live akan semakin nyaman digunakan jika kita padukan dengan Windows Live Writer (WLW), sebuah perangkat lunak keluaran Microsoft yang berguna sebagai blog [...]

    BalasHapus

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)