Selasa, 08 Januari 2008

Sabtu Minggu Baca Buku

Hari Sabtu dan Minggu saya tidak ada acara. Hal yang jarang terjadi pada saya. Hari itu saya manfaatkan untuk membaca. Sayang, jika waktu dua hari ini terbuang percuma. Ada sekitar 3 buku atau lebih tepatnya ebooks yang saya baca, meskipun tidak secara keseluruhan selesai.

Inside Delphi 2006, by Ivan Hladni, Wordware Publishing 2006

Maunya kepingin belajar desktop programming untuk keperluan pribadi. Dari dulu nggak pernah sempat. Bisa membuat interaksi form sederhana, tapi habis itu berhenti. Butuh tutorial yang "idiot guide" saya kira, karena style Delphi memang berbeda dengan PHP maupun Javascript yang selama ini saya tekuni. Kapan - kapan aja diteruskan.

Using Samba, Robert Eckstein, David Collier-Brown, Peter Kelly, O'Reilly, 1st Edition November 1999

Nah, ini karena sebenarnya saya ada tugas untuk membuat datacenter oleh sebuah lembaga dakwah. Selain saya memang ingin ngerti sedikit tentang persoalan data sharing. Sebelumnya pernah baca Samba-3 by Example dari Prentice Hall, namun tidak membuat saya lebih mengerti. Using Samba gampang dipahami dan lengkap. Mirip-mirip kamus, berbagai konfigurasi diterangkan secara gamblang disana. Dengan membaca buku ini, kalau hanya untuk membuat datacenter saja saya kira bisa.

Beginning Ruby From Novice to Professional, Peter Cooper, Apress 2007

Ini adalah buku yang paling lama saya baca, sekaligus mencoba latihannya. Ternyata Ruby itu sesuai dengan "feel" saya. Saya cepat memahaminya. Ruby sedikit mirip dengan Python yang sempat sedikit saya cicipi, yang sekarang sudah lupa. Beberapa methodnya juga ada kemiripan secara bahasa dengan PHP. Namun kalau dilihat dari sisi "Everyting is object" maka mirip juga dengan Java/JavaScript. Untuk buku ini saya menyelesaikan dan mencobanya sampai separuh buku.

Kemarin sempat bingung juga, ketika saya mulai membaca buku itu, namun ternyata setelah buka "gudang CD saya", saya menemukan software Ruby di CD Kumpulan Resep Pemrograman REGEX. Meskipun masih versi 1.8, namun lumayan sebagai bahan latihan.

Saya kira karena Ruby cocok untuk CLI maupun Web, saya mungkin akan menseriusi belajar bahasa ini.

------------
Di posting dari Warnet Sakinah depan ITS
Hanya saja ada yang mengganjal disini. Penjaganya memutar ceramah yang menjelek-jelekkan Al Ikhwan Al Muslimun, JT dan beberapa gerakan lain. Katanya hanya "salaf" saja yang benar. Dua kali saya menjumpainya disini. Mengapa harus demikian ? Nggak enak saja saya mendengarnya.

9 komentar:

  1. Wah, sharing dong ebooknya...:D

    btw, saya juga punya rekaman yang menjelek-jelekan IM tuh, ngakunya juga 'salaf' tapi kok gitu ya?

    BalasHapus
  2. #1. Cari saja di flazx.com pak :D

    BalasHapus
  3. Mas eddy kalau makom nya di web base programming ya harus ditekuni sampai jadi master beneran gitu

    BalasHapus
  4. Hai, Achedy masih disitu ya? samapai kapan?

    BalasHapus
  5. #4. Profokator !!!!!! ha.. ha..

    BalasHapus
  6. mas, sekali2 di ceritakan penggunaan program2 di desktop mas utk kerja sehari beserta screenshotnya kl perlu :D

    BalasHapus
  7. #6 karena pekerjaan saya adalah programmer web maka nggak banyak desktop yang bisa di scrensoot.

    1. Paling Apache, PHP, Mysql
    2. GIMP, EditPlus via Wine.

    Gak ada yg istimewa.

    BalasHapus
  8. Untuk ikan sebesar sampeyan, apa kolamnya ga terasa terlalu sempit pak? Apalagi sekarang semakin banyak buku2 yang dilahap....

    *ga semua pertanyaan harus dijawab ^^*

    BalasHapus
  9. #8. Ya, kolamnya memang sempit le :D

    BalasHapus

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)