Senin, 10 Desember 2007

Lintas Cerita

Ada banyak yang ingin saya ceritakan. Seminggu tidak ngeblog sama sekali artinya banyak hal yang menyumbat di kepala dan musti dikeluarkan. Untuk kali ini saya ingin berbicara tiga tema sekaligus, dimana masing-masing tema tidak saling berkaitan. Ini sekedar bunga rampai dari ketidakhadiran saya di unia blog hampir dua minggu ini. Sebenarnya masih ada tema menarik yang mungkin akan saya ceritakan di lain waktu.

MPK

Tanggal 23, 24 dan 25 lalu sebenarnya saya ikut acara kemah MPK. Sempat naik turun menyusuri jalur gunung Welirang lewat perkemahan kakek bodo dengan perjalanan tak kurang dari 18 jam. Namun saya belum bisa melakukan posting (atau mungkin tidak posting) karena saat itu saya tidak membawa kamera karena takut hujan. Sedangkan foto numpang saya pada kamera teman sampai sekarang belum ada di tangan saya.

Spam

Pada bulan-bulan terakhir, akismet semakin tidak berdaya menghadapi spam. Terlihat dari semakin banyaknya spam yang lolos di menu komentar. Padahal sudah saya kombinasikan dengan aturan jumlah link yang masuk ke kolom komentar yang tidak boleh lebih dari dua buah. Namun spam tetaplah lihai.

Akhirnya saya hadapi dengan moderate comment bagi komentator pertama. Namun blog ini biasanya dikomentari oleh orang-orang baru yang tersesat. Sehingga persoalan ini akan menambah kesibukan saya untuk selalu memeriksa komentar termoderasi. Dengan ini spam sudah bertekuk lutut, namun ini ternyata semakin emnambah kesibukan saya. Apalagi kalau saya harus perrgi selama beberapa hari, maka pesan-pesan komentator termoderasi dalam waktu yang lama.

Tadi malam akhirnya saya memasang anti spam matematika. Sebelum memasukkan komentar pengunjung saya ajak untuk menjadi anak TK dengan menjumlahkan angka antara 1 sampai 10. Sebenarnya ingin memasang chaptcha. Namun saya tidak menyukai bentuk image, apalagi terkadang manusiapun masih sulit membacanya.

Update : Saya periksa web ternyata dengan penjumlahan matematika spam masih bisa masuk. Saat ini baru kirim email ke kang Andri, minta dikasih plugin chaptcha yang dipake di blognya.

Atas kebaikan cak Andri akhirnya anti spam berhasil di upgrade. Ternyata nama puginnya adalah matriphe! KeyCode , karya anak bangsa.

Flash Disk

Flash disk saya yg 1 GB kelihatannya rusak. Sudah saya coba mresetnya dengan menggunakan HP System Tools, namun kelihatannya tidak berhasil. Mungkin akan saya beli saja yang murah yang kapasitasnya 1/2 GB. Bagaimanapun, saya kira flash disk tetap mempunyai life time. Dan adapun saya saat ini jarang mengkopui file-file besar. Sebenarnya dulu flash disk saya gunakan untuk menyimpan aplikasi-aplikasi portable juga, namun saya sering menjumpai file-file itu rusak hingga saya akhirnya memformatnya. Saya menjadi tidak percaya flash disk sepenuhnya.

Keamanan Web

Kemarin seorang hacker mengirim email kesaya bahwa web yang pernah saya buat bisa diekploitasi dngan memasukkan kata-kata tertentu dalam URL. Aplikasi akhirrnya menginclude file exsternal yang dibuat hacker. Dengan file eksternal itulah hacker bisa melkukan apa saja.

Aplikasi itu dibuat beberapa tahun yang lalu dengan menggunakan Mambo. Namun tidak pernah diupdate. Dari sini saya simpulkan, bahwa menggunakan aplikasi Open Sources memang membutuhkan biaya ekstra untuk mengikuti perkembangan aplikasi dan rajin mengupdate patch. Yang paling sengsara adalah jika versi satu dan lainnya sudah berubah banyak. Baik Mambo maupun Joomla akan melakukan revolusi pemrograman mereka. Kabarnya mambo akan menggunakan cake PHP, sementara Joomla sudah mengimplementasikan MVC yang sesungguhnya di versi 1.5 ini.

Wordprespun demikian. Dari versi 2 ke versi 2.3.1 yang ada sekarang, ada penggantian di model databasenya. Melakukan upgrade pada kondisi demikian sangat memakan waktu dan tenaga. Belum lagi bagaimana jika aplikasi yang saya development itu ada 10, 20 , 50 ? apa tangan saya akan kuat untuk melakukan upgrade ?

Untuk saya, sungguh saya tak punya waktu. Ke depan, mungkin saya akan mengembangkan CMS sendiri yang akan akan dipakai untuk project-project komersial. Mungkin memang tidak sebagus aplikasi-aplikasi besutan open sources, namun dengan demikian tuntutan untuk selalu upgrade menjadi tidak ada, dan akhirnya saya lebih bisa menggunakan waktu secara lebih evisien.

Update Status

Dengan semakin banyaknya kesibukan saya membuat jadwal sering bertubrukan. Orangpun sering bingung jika ingin membuat janji dengan saya. beberapa rekan menyarankan status saya itu mungkin bisa diupdate di web agar dia bisa membuat agenda yang selaras dengan agenda saya. Namun saya tidak ingin memenuhi posting-posting hanya hanya agenda, karena judulnya mungkin akan banyak yg sama. Sibuk, sibuk, sibuk. Kira-kira tahukan anda plugin apa yang kira-kira bisa ditempelkan di wordpress saya ini ?

Terakhir saya minta maaf jika anda telah terpaksa mendengarkan keluh kesah saya :)

4 komentar:

  1. Luar biasa ente ! sampe2 kehabisan waktu :)
    wah di negri tetangga sini gak ada kemah kepanduan nih ... :(

    sampe lupa rasanya ikutan kemah ... :D
    payah ya... ! :D

    kalau diuji fitnessnya pasti dah merosot tajam ..he..he..

    BalasHapus
  2. ya....ya...ya...saya bisa maklum kok mas edy...;-)

    BalasHapus
  3. kudu enable image kalo mau komen di blog ente nih... *malesbanget.com, secara kite fakir benwit
    ok, dimaafin; jadi kapan makan2nya? ;)

    BalasHapus
  4. #3. Sekarang saya mencoba mengatasi spam dengan spam karma. Kita lihat perkembangannya. Kalau tetap masuk kita hadang pake sebenar-benar captcha. Masalah fakir dan miskin bandwith silahkan diusahakan di perubahan undang-undang : Fakir bandwidh dipelihara negara :D

    BalasHapus

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)