Selasa, 10 Juli 2007

Akhirnya Menginstall Ubuntu

UbuntuKemarin Zenwalk saya ngadat. Setiap saya menjalankan perintah cp, mv, rm selalu muncul error bahwa glibc versi 2.4 tidak didapatkan. Kemungkinan karena saat saya install sesuatu dengan menggunakan fasilitas netpkg, dia melakukan update juga terhadap library inti linux. Karenanya inkompatibilitas ini akhirnya menyebabkan error. Hal ini terjadi karena repository Zenwalk tidak berversi, sehingga ketika kita melakukan update maka dia merujuk ke file-file repository terbaru (current) Zenwalk versi 2.6, padahal saya masih menggunakan Zenwalk versi 2.4. Maka jika anda menggunakn Zenwalk silahkan berhati-hati jika menggunakan fasilitas netpkg.

Karena setengah hari saya tidak bisa menyelesaikan masalah ini, akhirnya saya menginstall Ubuntu yang isonya saya peroleh dari majalah Infolinux edisi Juni.

Alasan Memilih Ubuntu

Saya sendiri memilih Ubuntu dengan beberapa pertimbangan,
1. Menurut pengamatan saya, Ubuntu adalah distro yang paling populer
2. Dukungan yang banyak dari penyedia perangkat lunak versi Linux. Jika ingin mendapat perangkat lunak binary untuk linux, biasanya versi Ubuntu selalu tersedia selain versi Redhat.
3. Komunitasnya paling besar. Ada berbagai situs dan informasi yang bertebaran tentang ubuntu. Komunitas ubuntu di Indonesia mempunyai situs, blog dan forum yang dikelola dengan baik di http://ubuntu-id.org.
4. Karena paling populer, dan gelombangnya paling besar, maka saya berharap ubuntu bisa menjadi distro nasional.

Pernah Install Ubuntu

Sebelumnya saya pernah menginstall Ubuntu Versi 5.10. Tapi karena saya telah terbiasa dengan Mandriva, maka saya cukup kesulitan menggunakannya. Konfigurasinya sangat berbeda dengan Mandriva, dan saya agak bingung dibuatnya. Akhirnya saya uninstall.

Sewaktu Ubuntu 6.06 muncul, saya mencoba Kubuntu 6.06, karena sudah terbiasa dengan KDE. Tetapi saya tetap belum bisa mendapatkan "feel" nya, hingga akhirnya kembali ke Mandriva 2007. Apalagi dirumah tidak terkoneksi Internet. Menurut saya distribusi yang hanya satu CD sangat berpengaruh. Dengan satu CD saja kita tidak bisa berbuat banyak. Berbeda dengan Mandriva yang paling tidak selalu menyertakan tiga CD dalam distribusinya, sehingga pengguna yang tak terhubung dengan internet tidak perlu capek-capek. Biaya untuk mencari-cari file repository akan sangat mahal dibandingkat dengan membakar 3 atau 4 CD.

Akhirnya karena KDE + Mandriva terasa berat di komputer saya, akhirnya saya menggunakan Zenwalk yang ringan dan berjalan cepat.

Pengalaman Menginstall Ubuntu.

Proses instalasi Ubuntu 7.04 (The Feisty Fawn) sudah sangat mudah. Diawali dengan membooting Ubuntu yang memang bisa berjalan live CD. Saya kira inilah enaknya ubuntu. Sebelum menginstall kita bisa mencobanya via CD, apakah semua hardware dikenali, atau tidak ada masalah dengan komputer yang diinstall, bisa kita cek saat live CD berjalan. Jika kita sudah puas maka kita tinggal menginstallnya.

Proses partisi yang yang paling kritis telah ditangani dengan GUI yang cukup mudah dipahami. Meskipun dalam urusan partisi menurut saya yang paling mudah tetap Mandriva. Proses instalasi berjalan cukup lama. Atau mungkin kesan saya saja, karena instalasi tidak tampil dengan verbose mode nya. Setelah instalasi pertama mendapat 15% saya bahkan mendapati komputer hang. Saya merestartnya lagi dan melakukan proses instalasi untuk yang kedua kalinya. Meski prosesnya instalasi berjalan cukup lama tapi hasilnya cukup memuaskan.

Grafis tampilan Gnome Feisty Fawn sangat memikat, dan sedap dipandang mata.

Menggunakan Ubuntu

Pertama adalah menyambungkan dengan Jaringan. Sudah saya atur koneksinya, tapi tidak tersambung juga. Setelah saya restart baru tersambung. Masih pemula sih, jadi masih agak bingung-bingung dikit.

Kedua mengupdate daftar file-file repository
sudo apt-get update

Setelah itu kita sudah bisa menggunakan sesuka hati untuk menginstall.
sudo apt-get install paket

Proses download dan install dari server repository sedemikian cepat karena secara default diarahkan ke repository server Indonesia. Karena lewat IIX prosesnya berjalan sangat cepat.

Panduan

Di situs http://ubuntu-id.org, ada banyak panduan penggunaan Ubuntu dalam bahasa Indonesia yang cukup memudahkan, bagi pengguna yang belum terbiasa dengan kebiasaan di Ubuntu.

Jadi, sekarang saya menggunakan Ubuntu di kantor, Zenwalk di komputer rumah, dan Ubuntu di Laptop yang entah kapan bisa beli :).

Mainan baru inilah yang menyebabkan tadi malam saya pulang kantor sampai jam 20.30 he.. he..

12 komentar:

  1. #1. Saya sudah menduga orang ini akan membuat komentar pertama posting ini.

    Karena selama ini saya selalu tidak "nggugu" kata-katanya ha.. ha...

    Ya, akhirnya ....

    BalasHapus
  2. Selamat datang di komunitas pengguna Ubuntu.
    Selamat dimanjakan oleh apt-get yang bikin instalasi aplikasi begitu mudahnya.
    Saya pernah pake Slackware (bapaknya zenwalk)
    Asyik banget buat yg suka nginstall dari source.
    Tp klo mau nginstall dari paket udah jadi, ribet banget.
    Sekali lagi saya ucapkan:
    Selamat!

    BalasHapus
  3. Selamat datang Pengguna Ubuntu Indonesia :)

    BalasHapus
  4. Assalamu'alaikum,

    achedy... achedy... hehehe

    ngomongin ubuntu, cd kiriman dari shipit ditahan sama orang pos, katanya suruh bayar 200rebu sekian... walah... cuman nyobain liveCD ajah akhirnya :) Semoga sukses bro !

    BalasHapus
  5. iya mas, asyik banget pake Ubuntu, simple, ringan, updatenya selalu tersedia setiap saat, yang penting online...

    tinggal "sudo apt-get install blablabla" hehehe

    n skrg lagi coba2 program Personal Fiansial nih di Ubuntu...

    BalasHapus
  6. Dari dulu pengen belajar linux ini. Tp ngga punya PC "maenan" buat di oprek2... hiks... :D

    BalasHapus
  7. Wah ... sempat install juga. Tapi salah yang server version. Lagi nyari yang desktop version.

    BalasHapus
  8. lebih suka install lewat source, sambil belajar struktur nya.

    Pakai Slackware benar2 pakai Linux.

    BalasHapus
  9. Alah Semuanya juga asyik Kita makan Tuh Linux Semuanya Kita pakek entu2 Biar JADI MASTER LINUX...!!! GIMANA SETUJU...!!!

    BalasHapus
  10. tenang, sekarang ada program kerjasama antara microsoft dan pemerintah… mudah2an bisa membantu siswa2… udah, jangan ngeributin masalah pake OS apa… yang penting anak2 kita bisa belajar… kalo di katain penting, semuanya penting, belajar windows penting, linux juga kalo tertarik ya penting… mungkin sekarang windows sudah memasyarakat, dan linux masih dimasyarakatkan, ya sih, saya juga banyak terbantu dalam kerjaan lewat windows yang bejibun program, driver and dll… dan saya kesulitan buat nyari program kayak adobe, corel, dan aplikasi2 yang lain…. kenapa ya sedikit program buat linux… aq juga gak bisa maen game2 yang high end dan terbaru di linux… mungkin para distributor ogah buatannya di gratisin (apa bedanya dengan bersihin batu di jalan) mungkin kata mereka…. meskipun ada wine, tetep aja beberapa program ada yang nggak support… nah, buat para pecinta linux… tolong buatin satu buah distro yang bisa dibuat standarisasi dunia…. biar para produsen nggak tanggung2 bikin driver, and program2 yang bisa diakses dan dicintai rakyat dunia… buat windows… jangan mahal2 deh dan perbaiki kinerja, tutup bug dan perbaiki penampilan… buat mac… coba kalo bisa dipake di PC Desktop…. dan lainnya… selamat berjuang….
    terima kasih.

    BalasHapus
  11. okeh, jadi master linux emang keren... tapi kayaknya kita harus punya kerjaan yang mendukung... nah, saya mau tanya... gimana kalo kalian udah jadi master linux trus dapet tawaran jadi programer di microsoft.inc ? atau di apple ? mau kalian melepas predikat sebagai master linux?

    BalasHapus

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)