Kamis, 24 Mei 2007

Akhirnya Menginstal Wine

Image Hosted by ImageShack.usSetelah beberapa lama menggunakan Zenwalk, akhirnya saya memutuskan menginstall Wine pada linux ini. Di Windows banyak sekali aplikasi pendukung yang freeware dan berkualitas. Salah satunya mungkin disebabkan di Windows memang banyak pembangun aplikasi yang cukup mudah digunakan seperti Visual Basic atau Delphi.

Untung di Linux ada emulator untuk menjalankan aplikasi-aplikasi Windows di Linux, meskipun Wine katanya adalah not Emulator. Memang untuk aplikasi-aplikasi besar lebih sering terjadi error, namun untuk aplikasi - aplikasi pembantu yang kecil, akan lancar-lancar saja.

Percobaan saya menggunakan wine-0.9.30 bisa menjalankan beberapa aplikasi yang cukup penting bagi saya seperti.
1. MWSnap untuk snapshoot
2. EditPlus
3. Kamus
4. WinRAR

Instalasi Wine pada Zenwalk membutuhkan sangat banyak dependensi, sehingga saya sarankan untuk melakukan instalasi via internet. Dengan mengetikkan "netpkg wine". Jika kita melakukan instalasi via internet maka netpkg akan mencari dan menginstall dependensinya.

Untuk instalasi pada komputer rumah, saya copy saja hasil download netpkg yang berupa paket-paket dependensi yang ada di /var/packages/extra untuk saya install di komputer rumah. Hasilnya wine berjalan dengan baik.

Sampai di kantor seorang rekan katanya juga mencoba menginstall Adobe Photoshop 7 di Zenwalk dengan bantuan wine. Hasilnya memang tidak kalah dengan yang di Windows. Sekarang memang sedang zenwalkisasi kantor he.. he...

40 komentar:

  1. wah, itu semua software2nya kaya' WINRAR trus Photoshop 7 berlisensi semua ya? kaya ya perusahaannya cak edy ? ;-)

    BalasHapus
  2. #1 Nggak cuman untuk nyoba aja kok, habis itu uninstall...
    :D

    BalasHapus
  3. Wah saya baru rencana mau nginstall WINE di Debian Etch. Hampir semua aplikasi windows based bisa jalan via Wine ini ya cak? Kalau CD edukasi multimedia interaktif kira2 bisa nggak ya? Mosok harus install win bajakan lagi seh? Tapi kalau kepepet..darurat..:P

    BalasHapus
  4. Kalau yang aplikasi yang besar-besar kadang-kadang nggak bisa cak. Cuman yang kecil biasanya bisa, apalagi jika aplikasi itu portable.

    Kata adik saya yang menjalankan wine di Mandriva 2007, CD interaktif produksi bambomedia bisa di run di Mandriva. Coba aja pak.

    BalasHapus
  5. hmm.... untuk aplikasi yang mas achedy sebutkan kenapa harus pake wine? alternatifnya banyak kok dilinux, berikut salah satu contohnya, mungkin mas bisa googling untuk cari paket slack nya.

    1. Snapshot bisa menggunakan bawaan GIMP, atau menggunakan scrot

    2. EditPlus bisa menggunakan Geany

    3. Kamus Bisa menggunakan Stardict, dulu waktu masih bernama LiGOS saya Include namun setelah go Internasional saya keluarkan dari Zencafe. Insya Allah di rilis barunya Zencafe saya include lagi doain aja.

    4. Untuk Rar bukannya pake Xarciver udah bisa? Klo mo buka Rar yang ada password bisa menggunakan command unrar di Terminal yang ada di Zencafe.

    Happy Zen, Oh iy, FYI doain aja ni ane gi terlibat dalam Internasionalisasi Zen, sehingga bisa multilanguage termasuk bahasa Indonesia, doain aja keluar di rilis nanti, klo pun belum mungkin di rilis selanjutnya.

    BalasHapus
  6. Oh iy, stardict buat zencafe/zenwalk bisa diunduh di ftp://slackware.linux.or.id/pub/people/zarathustra/stardict/

    BalasHapus
  7. #6. Terimakasih mas, ternyata tidak ada kamus secanggih staredict.

    BalasHapus
  8. hehehe akhirnya ketemu juga linux yang pas banget buat warnet, soalnya barusan kena sweaping, thank berat buat mas A. Hardiena, oh ya mas aku install yahoo masengger lewat wine kok nggak bisa dipakai apa memang tidak bisa atau saya yang keliru menginstall, mohon petunjuk ( matur nuhun )

    BalasHapus
  9. Kalau YM saya belum pernah mencobanya. kenapa nggak pakai GAIM saja ?

    BalasHapus
  10. masukan nih mas kalau nanti jadi keluarin versi 2.0 semoga dimasukin juga program: opera, abiword, wine
    nah baru ini distro yang paling pas buat warnet, soalnya kalau pakai openoffice butuh waktu 30 detik untuk membukanya sementara kalau pakai abiword cuma 5 detik

    BalasHapus
  11. tambahan lagi untuk versi 2.0 jgn lupa fitur burning cd dan webcam-nya di include. thx

    BalasHapus
  12. Alls, saya coba install wine tapi muncul floating point exceptions .. saat ini saya mencobanya di mandriva 2007 .. ada yang tahu pemecahannya ?

    BalasHapus
  13. #12 Installnya apa nggak dari CD mandriva 2007. Saya pernah mencoba install dari CD Mandriva 2007 ancar2 aja tuh.

    BalasHapus
  14. Bang Achedy ... tau nggak cara uninstal aplikasi windows yg udah terinstal di wine?

    BalasHapus
  15. #14. Begini caranya mas Andi
    1. Buka konsole
    2. Ketik uninstaller
    3. Nanti akan keluar jendela window yang berisi aplikasi yang kita install via wine.
    4. Pilih aplikasi yang akan di uninstall dan tekan tombol uninstall

    BalasHapus
  16. nginstall driver di wine gmna mas caranya
    contoh: driver web cam,usb/portable.trims

    BalasHapus
  17. Mas...saya newbie linux nih..kalau pakai wine bisa jalanin billing explorer ngak?saya pakai PCLinuxOs karena userfrendly kayak windows..makasih

    BalasHapus
  18. #17. Saya belum pernah menjalankan Milling Explorer mas. Untuk mengetahui bisa tidaknya memang harus di install dulu :)

    BalasHapus
  19. Endang Darusman21 Jan 2008, 21.11.00

    kalau install delphi 6 di wine bagaimana ?
    saya coba install delphi 6 di wine under UBUNTU 7.10 tapi selalu gagal pada tahap memasukan SERIAL number dari delphi tersebut.

    ada yang tahu solusinya ? atau ada yang pernah mengalami hal serupa ?

    please for replay.

    BalasHapus
  20. #19. Ya kalau Delphy ya nggak kuat running di wine. Terlalu besar dan kompleks. Kalau di Linux mungkin harus dicari alternatif RAD yang lain.

    BalasHapus
  21. gimana yah cara nginstall Wine yang cepet saya udah coba berbagai cara tapi kok error terus ada yang tahu solusinya ah andai saja Linux bisa memainkan Need For Speed Underground pasti dunia akan pindah ke Linux maksud saya os-nya MOHON BANTUANNYA INI CITA2 SAYA SAYA PENGEN NYOBA uNDERGROUND DI lINUX

    BalasHapus
  22. #21 Pakai Linux apa mbak / mas ?

    BalasHapus
  23. Memangnya kalau pakek Mandriva gimana pak bisa enggak ajarin dong Posting lah pak yang Lengkap yah entar saya pahami

    BalasHapus
  24. Maaf sekarang saya juga lagi belajar Fedora 8 buat repo gtu sama ubuntu Hardy Heron dan Feisty Fawn And gutsy pokoke mak nyusss...!!!

    BalasHapus
  25. Saya punya penglaman nih soal install wine di Linux gimana yah kok enggak ada tampilan GUInya sebenernya Winenya nyungsep kemanaaa...???!! mas padahal udah kayak mas rpm -ivh gtu hehehe sistem yang aneh tapi setelah saya cari pakek Run nya Mandriva tak ketik WINE weh malah muncul tapi setelah di ok gak jalan tuh gimana mas punya solusi

    BalasHapus
  26. Tukeran buku Linux yuk mas ini email saya [email protected] soalnya aq lagi demam Linux

    BalasHapus
  27. Mas, kalo kita sudah pernah install aplikasi microsoft office, dsb di wine, saya sudah coba pake uninstaller tapi tidak ada ya, kenapa dan bagaimana cara uninstallnya ?



    Terima Kasih

    BalasHapus
  28. # NUR kalau di ubnuntu menunya keluar sendiri. Untuk menggunakannya gunakan wine tekan tab disitu akan banyak variasi perintahnya. coba aja.
    # IWAN kalau di ubuntu dengan perintah "uninstaller"

    BalasHapus
  29. Wah gtu yah enak dong tapi kalau nginstal wine pakek serial keygen gak mas soalnya saya pernah Lihat di Youtube ada serialnya atau apalah itu makin menarik aj nih kayaknya ikut terus ah

    BalasHapus
  30. Pak boleh tanya lagi enggak soal Linux Menurut bapak Linux yang paling sulit mana sih pak kalau boleh tahu sih Memangnya apa perbedaan Linux Zenwalk dan Zencafe

    BalasHapus
  31. kalo menggunakan atau cara menginstal wine di mandriva 2007 gmn mas???aku baru download wine 1.0-0, kira2 bisa cocok ga di mandriva ku??apa cukup dengan copy kan aja ke var ya mas?
    trs kalo pake wine bisa ga untuk menginstal macromedia dreamweaver?

    Thanks :)

    BalasHapus
  32. Aku pengen tahu tentang visual basic dong.....

    BalasHapus
  33. Mas bisa minta tolong saya diberikan step by step install wine di ubuntu 8.4.
    Saya lagi coba-coba ngak ngerti cara install nya.
    Kalau mas Achedy berkenan.

    Matur Nuwun mas.

    BalasHapus
  34. Mas bisa minta tolong saya diberikan step by step install wine di Linux 10.2
    Saya lagi coba-coba ngak ngerti cara install nya.
    Kalau mas Achedy berkenan.

    Matur Nuwun mas.

    BalasHapus
  35. mas bisa dijelasin g step by step instal wine-nya di linux slackware alnya kemarin wine-nya tak remove n nyoba instal yang versi terbaru. tapi g bs n g ngerti.
    matur nuwun mas.....

    BalasHapus
  36. mas, saya newbie..nih..kalo bisa kasi info donk gimana jalani WINE mulai dari awal hingga penggunaan,..semisal perintah wine winefile atau winecfg..itu aja yg saya tau..kalo bisa komplet ya mas.
    matur nuwun...mohon bales di email aj mas

    BalasHapus
  37. #36. Mohon maaf mas wawan, saya tidak punya waktu untuk menjelaskan. mas wawan bisa cari2 di dokumentasi wine. Maaf ya.

    BalasHapus
  38. ohhhh
    mas wine itu buat apa si
    setau saya wine itu untuk mengintal program win ke dalam ubuntu

    BalasHapus
  39. rinaldo jonathan7 Jul 2009, 01.16.00

    Download Wine nya koq error terus???
    bikin keseeel!
    ada mirrornya ga???
    tolong di jawab lewat e-mail ato SMS.... (dianjurkan sms)
    E-m@[email protected]
    SMS= +6285658249168

    dan....
    jangan panggil aku mas, bang, atau.....begitu....
    panggil aku adik....
    soalnya aku masi kecil!!! apalagi rata2 fotonya orang gede semua....

    BalasHapus
  40. br beli bukunya wine di uranus kemarin..
    lagi seneng2 belajar linux..

    BalasHapus

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)