Sabtu, 03 Maret 2007

Aduh Biyung, Hardiskku Terformat

Karena kecerobohan saya, maka data di komputer rumah yang saya kumpulkan bertahun-tahun hangus dalam satu kerdipan mata. Padahal didalamnya bersemayam data saya sejak kuliah, data istri, dan data adik saya. Adalah karena saya nekat melakukan instalasi linux puppy 2.14 yang mempunyai behavior berbeda dengan versi sebelumnya. Padahal saya telah menyediakan partisi khusus untuknya, tapi begitu klik, malah dia menghapus semua partisi. Jadi hati-hati jika anda menggunakan linux versi lite, karena model dari linux lite adalah dengan menghemat ukurannya sehingga semuanya serba disederhanakan dan diminimalkan. Susahnya, jika yang tidak jelas itupada bagian partisi yang menyebabkan kita melakukan kekeliruan, maka anda akan dibuat tidak bisa tidur dua hari dua malam. Sungguh !!

Ini ternyata bukan masalah saya saja. Aminuddin yang mencoba menginstall FreeBSD juga mengalami nasib yang sama.

Proses restore berjalan lambat karena ternyata di komputer saya ada bad sectornya juga. Tapi yang lebih runyam mungkin semua program web saya tidak bisa berjalan normal di linux karena case sensitifnya rusak. Nama folder banyak yang berubah menjadi huruf besar semua.

Kapan - kapan saya ceritakan perjuangan saya untuk mengembalikan data itu.

Pagi ini proses restore sudah selesai, tinggal copy file aja, tapi masih ada kendala karena komputer untuk backup sering restart. Padahal saya semalaman dah nggak pulang ke rumah. Pagi ini sudah SMS istri bahwa tinggal ngopy file, tapi ternyata ngopi file itu nggak cepet juga. Mudah-mudahan sampe rumah nggak dimarahi istri he.. he..

12 komentar:

  1. hehehhehhehe.... data kita sama-sama ilang, tapi gpp semua pelajaran itu butuh pengorbanan. mas tukeran blog roll yuk ??..?? ;)

    BalasHapus
  2. ni sebenere mau cerita kalo sudah gak pulang kantor semalaman dan takut dimarahi istri? ;)

    BalasHapus
  3. Walah, kalo saya kena bisa puyeng neh. Musti sering-sering backup neh

    BalasHapus
  4. pengalaman yang indah dengan linux adalah memang ketika kita kehilangan data dan belajar dari pengalaman tersebut hehee :)

    BalasHapus
  5. OUCH! Soal partisi hilang, sempat kejadian juga tuh pas suami sedang ngoprek PC yang dipakai bareng. Kok ya waktunya itu lho... sebelum seminar tugas akhir! Saya sudah lemes mes... pasrah.

    Untung bisa di-recover. Entah gimana, saya ngga nanya. Alhamdulillah bisa balik, sebagai gantinya saya ngga nanya, khawatir si mas makin merasa bersalah :D

    Moral of the story; sebelum melakukan sesuatu yang penting, backup dulu semua data penting di DVD :p

    *dan sekarang berhubung saya pakai Mac, ngga ada lagi deg-deg plas ketika suami ngoprek PCnya hehehe

    BalasHapus
  6. Konon, hilang data satu harddisk adalah bencana terbesar, dan tiba-tiba masa depan jadi suram, gitu ya? :D

    BalasHapus
  7. Ya ampuunnn... Kebayang deh kayak gimana lemesnya... Pengalaman saya, Laptop saya pernah crash HD-nya, kalau di total mungkin sudah 3 kali HD crash dan terpaksa di instal ulang/re-Format HD... :((

    Jadi bener kata bu Lita, makanya saya suka backup data. Meski ini jg harus nyediain waktu khusus buat saya.

    BalasHapus
  8. hahahaha.. Kena virus linux lagi ya? masak kejadian 8 tahun yang lalu terulang kembali. Semua dataku sudah aku back up, jadi aku nggak ada data penting lagi di situ.

    Oke memang kudu ati2 kalau installasi Linux. Pengalamanku aku mesti nyoba dulu di komputer percobaan baru aku install dikomputer pribadi. Karena tau sendirilah, linux dikembangkan dengan seenake dewe maka kalau nggak ati2 seperti itulah jadinya. Virus linux :)

    BalasHapus
  9. #1 he.. he.. iya, tukeran blogrool, boleh
    #2 iya, tapi ternyata istri nggak marah :)
    #3 Nah, itu cara terbaik.
    #4 Indah ? wakatha ...
    #5 Sebenarnya pengin juga punya mac :)
    #6 Yak betul kayak mau kiamat ...
    #7 Kembali ke Laptop :D
    #8 Ya, sukurlah, soalnya ada data yg corrupt juga.

    BalasHapus
  10. [...] Minggu-minggu ini sepertinya saya mengalami nasib yang hampir sama dengan yang dialami mas Jonru. Kerusakan komputer datang silih berganti. Seperti yang saya ceritakan sebelumnya, hardisk saya terkena bad sector , selang beberapa waktu, karena bermain-main dengan linux, maka komputer saya terformat dan semua datapun hilang , meskipun akhirnya dengan perjuangan yang cukup berat data bisa dikembalikan. [...]

    BalasHapus
  11. mas, masalahnya sama nih, gara2 ga teliti instal ulang xp dan hardis external masih nyangkut dilaptop, ta kirain yg saya hapus partisi hardis eh malah partisi hardis external yg lupa dicabut, gmn dong mas??? malah itu data kantor lagi, bs dimaki2 nih sama orang kantor...

    BalasHapus
  12. #FAJAR Silahkan baca http://achedy.penamedia.com/2007/03/05/mengembalikan-data-pada-hardisk-terformat/

    Plus komen2nya

    BalasHapus

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)