Jumat, 12 Januari 2007

Blog Saya Lambat

Pengaduan dari Pak Iman yang mengatakan bahwa blog saya sangat luambat saya tanggapi secara serius. Saya sendiri mulai mencari tahu apa sebab kelambatan situs saya itu. Setahu saya, ada beberapa alasan sebuah situs web lambat.

Pertama, kecepatan akses internet yang kecil. Tapi saya rasa Pak Iman bisa merasakan bahwa yang lambat adalah web saya, dan ada web lain yang lebih cepat. Toh dia tidak mengatakan web Cak Dhika atau Cak Iqbal yang lambat. Cak Aris sendiri juga sempat mengatakan hal yang sama, kontent web saya tidak cepat muncul.

Kedua, pengaruh hosting. Hosting dengan berbagai faktornya juga berpengaruh terhadap kecepatan akses. Sewa hosting yang hanya Rp 70000,- per tahun memang tidak bisa disamakan dengan yang Rp 400.000,- per tahun. Sebenarnya pengin menggunakan hosting yang lebih cepat, namun masalah keuangan lagi-lagi menjadi alasannya, apalagi tadi malam baru membayar kontrakan senilai lebih dari dua kali gaji saya :(. Hosting yang sebenarnya kebutuhan primer itu - paling tidak bagi saya - dipaksa menjadi kebutuhan tersier bahkan quarter.

Ketiga, template Wordpress saya. Bisa jadi template Wordpress saya yang menjadi penyebabnya. Template yang dinamakan unsleepable oleh pembuatnya, karena untuk membuatnya dia terpaksa tidak tidur, memang saya rasa cukup berat. Untuk membandingkannya mungkin kita bisa mengakses situs ini dan http://achedy2.penamedia.com , situs lama saya. Apakah perbedaannya cukup significant. Unsleepable memang bagus, namun K2 dan beberapa Ajax bisa jadi memnyebabkan situs ini lambat diakses.

Dalam waktu yang dekat, solusinya mungkin dengan mengganti template. Saya telah mendownload banyak template Wordpress yang lite, tapi menggunakan template yang sudah ada terkadang kurang mantap, karena mungkin digunakan oleh blog lain. Solusinya adalah membuat template sendiri. Ya, saya akan memulai proyek membuat template sendiri.

Saya akan berusaha membuat template yang ringan untuk diakses. Berbasis CSS dan tanpa Ajax, serta tak ada gambar-gambar besar pada desain. Meski masing contek sana - sini, saya rasa desain buatan sendiri akan terasa lain.

Saya berharap template ini akan rampung minggu depan, dan dengan demikian mudah-mudahan keluhan akan lambatnya situs ini akan sedikit teratasi.

Atau anda ada saran untuk membuat blog ini berjalan lebih cepat ?

9 komentar:

  1. freehostia.com >> gratis mas, lumayan keceng lagi, tapi setahun sekli musti daftar ulang hehhehehe :)

    BalasHapus
  2. Wah blog sampeyan mungkin masih lebih cepat diakses daripada blog saya cak, tp kl ganti template sayang juga y... :)

    BalasHapus
  3. gak juga, ini saya akses di malang cepet banget koq lumayan

    BalasHapus
  4. sebenere cukup kenceng, cuma kolom komen yg sok pake ajax itu yg nyebelin...
    masak saya kudu isi ulang 3 kali nih, entah berhasil entah tidak. *sigh

    BalasHapus
  5. lha pak.. it-7.com masih ada space buat hosting lho...;)
    atau mau sekalian beralih ke typo ? ;))

    BalasHapus
  6. #5. Tapi Gratis kan ;), atau paling tidak 70000 setahun dapat 100MB. Gimana ? xi.. xi.. xi..

    BalasHapus
  7. sudah lebih cepat, buktinya saya sudah bs ngakses kembali :D

    BalasHapus
  8. #7. Halah cak Iman. Saya harus ganti muka gara2 sampeyan. :)

    BalasHapus
  9. Seiring dengan kenaikan BBM Indonesia, maka kami memutuskan untuk MENURUNKAN harga dengan fasilitas yang tetap UNLIMITED! Gak mahal dan sangat cocok buat blog Indonesia dengan traffik tinggi.

    Domain Name :
    .com/.net/.org/.info/.biz/.name/.us = Rp.75.000/tahun
    Web Hosting Mulai:
    Space 25MB BW 2.5GB Rp 45.000 / tahun

    Server IIX Indonesia, cepat dan fasilitas lengkap serba UNLIMITED!

    Info Lengkap:
    AhliHosting
    http://www.ahlihosting.com

    BalasHapus

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)