Jumat, 16 September 2005

Milih Tisue Apa Air ?

Mungkin hampir dua bulan saya menempati kantor baru yang berlokasi di Wisma Dharmala Surabaya. Daripada kantor sebelumnya memang lebih enak disini. Selain lebih sejuk (baca : kedinginan), suasananya juga nggak seramai di tempat lama. Karena sebelumnya saya memang kerja di dekat fotocopy dan tempat lalu lalangnya orang.


Tapi menikmati back office nya (baca : Toilet) Darmala memang baru kemarin. Ketika tiba-tiba perut saya mulas dan harus ke belakang. Tapi ketika harus cebok, saya cukup terkejut, ternyata nggak ada air, dan yang ada cuman tisu aja. Ah, seumur-umur saya nggak pernah membersihkan sisa hajat dengan tisu. Atau, apakah saya yang terlalu kuno aja, nggak pernah tinggal di perkantoran elit.


Tapi kemarin benar-benar terpaksa. Karena yang ada hanyalah air penggelontor di WC. Terpaksa saya menggunakannya dengan rasa bergidik. Namun ketika keluar dari toilet, ternyata tetap aja ada rasa nggak enak, rasa nggak bersih dan rasa nggak nyaman. Untuk memantapkan hati, akhirnya saya ambil tempat plastik kecil yang kebetulan ada di situ. Lantas saya ambil air di tempat cuci muka, dan kembali lagi ke dalam WC untuk mencuci kotoran dengan air. Baru rasanya puasssss.


Milih tisue apa air sebenarnya sejak lama di perdebatkan. Ya tentu saja bagi pendukung pakai tisu dan air. Diskusi tentang topik ini saya jumpai di forum webgaul. Cukup panjang diskusinya. Tapi kebanyakan memilih air(mungkin karena peserta diskusinya orang Indonesia semua).


Ada cerita dari dosen instrumentasi saya (dr. Totok Suhartanto). Ketika dulu ia masih sekolah di Perancis, ia adalah orang yang tidak bisa menggunakan tisu untuk membersihkan kotoran. Karena itu temannya selalu terheran, mengapa kalau masuk toilet dia selalu membawa air minum kemasan plastik (mirip Aqua). Dan ketika temannya bertandang ke Indonesia, ia heran kok orang Indonesia sering pakai tisu toilet untuk membersihkan mulut sehabis makan :).


Saya sendiri belum menemukan artikel tinjauan medis tentang milih tisu atau air. Tapi kalau menurut pendapat saya (pengguna air) menggunakan air masih lebih bersih karena air bisa menjangkau tempat yang sulit dijangkau dengan lap(tisu). Kedua air bisa menghilangkan bau yang ditimbulkan. Ketiga bersentuhan dengan air lebih terasa enak daripada bersentuhan dengan tisu toilet.


Jadi, meskipun saya termasuk orang yang jarang mandi :), tapi kalau untuk urusan membersihkan sisa kotoran, saya lebih memilih air. Jadi kalau buang air di toilet lagi, saya akan membawa bak air. Kalau kamu ?

10 komentar:

  1. He he he, oh karena itu tha kmren Cak Edy tanya ke aku ... Memang saya sendiri lebih suka menggunakan air daripada tiesu, mungkin karena sudah terbiasa saat di kampung kali :D. Dan Alhamdulillah selama di Darmala selalu bisa menggunakan air. Sebenarnya dulu saat2 awal saya ngantor di Darmala, toiletnya masih ada selang utk airnya, berhubung kala itu banyak yg menggunakannya utk mandi dan rokok 'an' mk sekarang selangnya dicabut.

    Sebenarnya klo mau, bisa saja bawa selang sendiri :D . Tapi klo tidak bersedia dan tidak malas utk turun, mending ke B1 atau B2 disana ada air + selangnya.

    BalasHapus
  2. air apa tissue? ya Air donk ... mesti bela-belain ... kalo perlu bawa gayung ama timba dari rumah :p

    soal istinja' jelas pilihannya cuman air ama batu (batu pun biasanya untuk "bak" dan klo pas ga dapet air :)

    salam yo mas ... akhirnya ketemu sampeyan lagi di sini ... udah beberapa kali main ke sini, cuman baru kali ini kasih comment ...

    eling nggak karo aku yo?
    hehehe .....

    BalasHapus
  3. #2 Agak lupa, Arif sapa seh ? Ternyata setelah buka blognya ternyata Ahmad Arif e97 tokh ? Ternyata u sekarang jadi orang huebat :)

    BalasHapus
  4. di toilet umum yang kebersihan airnya (dan tempatnya) patut dipertanyakan, saya lebih memilih tissue. tapi most of the time saya memang lebih memilih tissue di tempat umum termasuk dikantor karena jenis toilet yang ada, atau sekaligus air dan tissue, atau praktisnya tissue basah :D

    BalasHapus
  5. apanya yang hebat? S1 ajah ga lulus :) ... mulai dari 0 hehehe ... terdampar di dunia IT juga nt :) ... terakhir dengar kabar nt dari kakak Ipar (Riano Irwansyah D3 Sipil ITS, inget ga' hayoo) yang cerita kalo habis ikut training web desain di Sumenep trus yg ngajar katanya anak ITS namanya Edy, cuman 2 Edy yang ana kenal ... nt ama Edy Sipil97. Tapi kok feeling ana ke antum :)

    pas maen ke muslim blog community dapet link edy u/ Jawa Timur ... dan akhirnya ....

    Ana masih di Surabaya ... isteri orang Surabaya ...

    eh mas ... web nya tak link yaa :)

    wassalamu'alaikum

    BalasHapus
  6. air dan tissue. klo ga di tissue-kan.. ga enak atuh pake cd yg basah. malah ga bersih jg jadinya. iya kan.

    lam kenal achedy. met gabung dg blogfam. acc membernya sdh diaktifkan. ditunggu sapa nya di perkenalan.

    BalasHapus
  7. #5 Saya memang pernah memberikan pelatihan web desain di sumenep. Catatannya masih ada disini.

    Saya masih inge kok sama cak Riano. Kalau nggak salah hasil desainnya juga masih ada di saya :). Untuk tukeran link .. boleh kok.

    #6 untuk sa (bukan sha kan :)) insyaallah senin saya akan sapa rekan2 yang lain. Sekarang soalnya masih di warnet.

    BalasHapus
  8. Untungnya saya belum pernah mengalami kasus seperti di atas, istinja' emang harus pake air atau batu jika gak ada air. tapi kalo kasusnya seperti diatas, seperti kata aris usahakan cari tempat yang ada airnya :) klo bisa sih ada air ada tisunya juga, seperti di kantor saya, dan beberapa gedung di jakarta

    BalasHapus
  9. Air (dan tisu) adalah pilihan yang tepat! :)

    Pernah seorang teman jerman nanya, knapa slalu bawa air kalo ke WC, lalu dijelaskanlah... klo tangan kamu kotor, terus cuman dilap pake tisu gimana? Dia bilang, tentu saya cuci tangan dong. Yah, begitulah... Dia manggut-manggut, tapi tetep aja pake tisu.. hehehe...

    BalasHapus
  10. Hmm pemecahan terbaik..
    Gunakan solusi..
    Tisu kering + tisu basah + tisu kering..

    Hmm..
    Sounds better than bawa2 botol aqua k dalem kamar mandi, ya kan??? ;)

    BalasHapus

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)