Selasa, 31 Juli 2001

Pertemuan 10 : Karakteristik Dakwah, Rabbaniyah, semata dilakukan karena Allah

Makna dari Rabbaniyah yang kedua adalah bahwa dakwah yang kita lakukan haruslah semata karena Allah, bukan karena yang lain. Pertautan hati dengan niatan yang ikhlash ini akan menumbuhkan semangat yang luar biasa. Dan niatan ini sajalah yang akan diterima Allah. Niatan ini pulalah yang menjamin bahwa dakwah yang dilakukannya akan bersih dan jauh dari kesesatan, karena memang motivasi lillah yang terbentuk akan mampu mengarahkan suasana hati kepada Allah.

Para da'i bukanlah orang yang akan menggadaikan apa yang dilakukan hanya untuk memperoleh keuntungan duniawi, harta, serta kenikmatan-kenikmatan semu lainnya, akan tetapi para penyeru agama Allah hanya akan menyerahkan sepenuhnya kepada Allah terhadap upah yang diberikan. Yang menggaji pada da'i hanyalah Allah. Dan itulah harapan bagi para penyeru agama Allah yang lurus.

'Dan aku sekali-kali tidak minta upah kepadamu atas ajakan-ajakan itu; upahku tidak lain hanyalah dari Tuhan semesta alam' [26 : 109]

Dalam surat Asy Syura [26] ini paling tidak ditemukan 5 ayat dengan lafadz yang sama yaitu pada ayat 109, 127, 145, 164, 180. Ini menggambarkan betapa persoalan ini merupakan persoalan yang sangat ditekankan oleh Allah SWT karena Allah telah mengulang sebanyak limakali dengan lafatz yang sama.

Para da'i tidaklah akan meminta bayaran kepada orang yang di dakwahi, karena yang paling membahagiakan bagi para penyeru agama Allah adalah ketika dapat mengisi waktunya untuk menyebarkan agama Allah ini, apalagi ketika orang yang di dakwahi mau menerima, atau apa yang kita berikan ternyata dapat menghantarkannya pada hidayah Allah SWT.

Mereka itulah orang-orang yang telah diberi petunjuk oleh Allah, maka ikutilah petunjuk mereka. Katakanlah: 'Aku tidak meminta upah kepadamu dalam menyampaikan [Al Qur'an]'. Al Qur'an itu tidak lain hanyalah peringatan untuk segala ummat. [6:90]

Jika kamu berpaling [dari peringatanku], aku tidak meminta upah sedikitpun daripadamu. Upahku tidak lain hanyalah dari Allah belaka, dan aku disuruh supaya aku termasuk golongan orang-orang yang berserah diri [kepada-Nya]'.[10:72]

Wallahu a'lam
[email protected]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)