Jumat, 06 September 2024

Psikologi, Ilmu yang Kian Dibutuhkan


Dari gambar yang saya posting pada artikel sebelumnya, ilmu yang seharusnya diajarkan di sekolah, ada satu hal menarik: "Manajemen Stress". 

Stress akan selalu hadir dalam situasi apapun. Walaupun sekarang sudah jaman maju, kemana-mana cepat, kalau kirim pesan saat itu juga langsung sampai, namun tetap ada masalah atau kejadian yang bisa menimbulkan stress. bahkan mungkin lebih banyak?

Sampai saat ini masih jarang yang memahami stress sebagaimana seseorang terkena pisau atau terantuk batu, karena fakta fisiknya tidak kelihatan. Padahal luka stress sama bahayanya dengan tangan yang luka.

Di sisi lain, orang cenderung permisif terhadap kejahatan psikologis dibandingkan dengan kejahatan fisik.

Di sisi ini pada akhirnya psikologi, manajemen mental dan sebangsanya harusnya menjadi ilmu yang penting untuk dipelajari bagi orang tua, guru dan semua orang.

Disadari atau tidak, hal-hal psikologis bisa menyebabkan turunnya produktifitas, terhambatnya karir, kemajuan, dan sebagainya. Sayangnya ini sama sekali tidak diajarkan di sekolah, bahkan dimanapun. Orang harus menghadapinya sendiri tanpa guidance yang cukup.

Jadi, saya juga sedang mencari referensi tentang hal ini. Ya sekarang cukup lihat beberapa di Youtube dan artikel di Internet. Okey kalau kamu punya referensi tolong dikasih tahu ya :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)