Senin, 17 Juli 2023

Perjalanan Panjang

Hari-hari ini saya sering ngeblog di di blog saya yang lain, https://blog.penamedia.com , setelah nggak nulis blog agak lama. Mengapa saya menjadi bersemangat, mungkin ini penyebabnya. Ikuti ceritanya ...

Membuat blog itu sekarang sederhana. Tinggal registrasi, tekan tombol next, next, next selesai. Atau jika ingin sedikit keren, daftar di webhosting, nggak mahal, beres.

Namun  blog yang di https://blog.penamedia.com adalah hasil dari sebuah perjalanan panjang. Jadi blog itu hanya sebuah puncak gunung es.

Pertama saya langganan internet di rumah 4Mbps yang realnya ya antara 1 sampai 2 Mbps-lah. Wifi biasa yang orang-orang langganan buat internetan.

Lalu saya membeli alat bekas TV Android HG-680P seharga 150 ribu sebagai basis komputer servernya.  Android pada mesin itu kemudian saya ganti agar bisa booting dari SDCard.

Saya menyiapkan SDCard 32GB Class 10 merek SanDisk. Mendownload Linux Armbian, menyesuaikannya, dan diinstalasi pada SDCard itu.

Pada Linux itu saya memasang Nginx sebagai webserver, memasang MySQL sebagai databasenya, memasang Wordpress sebagai mesin blognya.

Terakhir saya mendaftar layanan di Cloudflare Zero Trust untuk menghubungkan subdomain https://blog.penamedia.com dengan server kecil saya.

Perjalanan panjang memberikan banyak hal yang sulit dijelaskan. Walaupun instant itu enak, efisien, namun di satu sisi kita tetap membutuhkan journey. Idealnya, instant itu kita dapat setelah mengalami journeynya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)